Kompas TV internasional kompas dunia

Tas Tradisional Mewah Permaisuri Raja Thailand Betot Mata Selebriti di Penobatan Raja Charles III

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 10:46 WIB
tas-tradisional-mewah-permaisuri-raja-thailand-betot-mata-selebriti-di-penobatan-raja-charles-iii
Tas tradisional Thailand yang dirancang super mewah dan digunakan permaisuri Raja Thailand, Ratu Suthida, di penobatan Raja Inggris Charles III membetot perhatian selebriti dunia dan media sosial, seperti laporan Straits Times, Rabu, (10/5/2023). (Sumber: Thai PBS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Tas tradisional Thailand yang dirancang super mewah dan digunakan permaisuri Raja Thailand, Ratu Suthida, di penobatan Raja Inggris Charles III membetot perhatian selebriti dunia dan media sosial, seperti laporan Straits Times, Rabu (10/5/2023).

Raja dan Ratu Thailand berada di London dari 4 hingga 7 Mei untuk menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey.

Ratu Suthida terlihat membawa tas versi super mewah yang terbuat dari anyaman tanaman lipao, yang dikenal juga sebagai tas Yan Lipao, yang mendapat pujian di media sosial.

Keranjang kecil ini dikagumi oleh banyak orang yang menyaksikan upacara penobatan di seluruh dunia. Saat foto-foto anggota kerajaan dirilis untuk publik, tas Yan Lipao menjadi aksesori yang trending.

"Sangat cantik tas itu. Ada yang tahu siapa yang membuatnya?" kata Sandy (@sandnsky) di Twitter dengan foto-foto terpotong dari tas Ratu Thailand seperti laporan Thai PBS, Selasa, (9/5/2023). Tweet tersebut mendapatkan lebih dari 170.000 tayangan.

Tas tangan Ratu juga melengkapi pilihan pakaiannya, baik yang tradisional maupun yang kontemporer, semuanya terbuat dari sutra Thailand yang dianyam tangan.

Pengguna Twitter lainnya, @Jojo-march61, meng-tweet foto-foto tiga penampilan Ratu Suthida selama akhir pekan penobatan Raja Charles III dan menulis, "Semua anggota perempuan tamu Kerajaan sangat cantik, tetapi Ratu Suthida benar-benar mencuri perhatian. Dia menunjukkan gaya yang luar biasa dan terlihat begitu anggun dan cantik. Seorang Ratu muda yang menawan.

Tiga tas Lipao, masing-masing sesuai dengan pakaian yang dikenakannya - memberikan tampilan yang anggun dan rapi bagi Ratu Thailand. Mereka kecil dan memiliki berbagai bentuk.

Baca Juga: Prosesi Penobatan Raja Charles III, Resmi Jadi Raja Inggris Gantikan Ratu Elizabeth II


Yan Lipao: sejarah singkat

Kerajinan Yan Lipao yang unik di bagian Selatan telah diwariskan dari generasi ke generasi selama ratusan tahun.

Telah lama diasumsikan bahwa kerajinan ini berasal dari kebijaksanaan rakyat pada masa periode Ayutthaya pada masa Chao Phraya Nakhon Si Thammarat.

Tas Yan Lipao disebutkan selama pemerintahan Raja Rama II dalam catatan sejarah, yang mencatat tas itu dibawa dari Nakhon Si Thammarat sebagai hadiah untuk Raja, dan dibawa oleh kaum elite, terutama para perempuan di istana.



Sumber : Thai PBS / Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x