Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Charles III Dinobatkan Akhir Pekan Ini, Berikut Bocorannya

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 07:12 WIB
raja-charles-iii-dinobatkan-akhir-pekan-ini-berikut-bocorannya
Mahkota Kerajaan Inggris St. Edward. Charles III akan dinobatkan menjadi Raja Inggris Raya pada 6 Mei dengan kekayaan yang sangat besar, total diperkirakan senilai £1,8 miliar atau setara 33,4 triliun rupiah. (Sumber: Royal Collection Trust / His Majesty King Charles III 2023)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV – Raja Charles III akan dinobatkan pada Sabtu (6/5) mendatang. Banyak yang antusias untuk menyaksikan penobatan bersejarah ini dan Istana Buckingham telah memberikan bocoran mengenai perayaan acara tersebut.

Seperti dikutip dari Associated Press, acara ini akan melibatkan banyak agama dan banyak bahasa.

Raja Charles III ingin menunjukkan bahwa dia dapat menjadi sosok pemersatu bagi semua orang di Inggris Raya. Dia juga akan dimahkotai dalam sebuah upacara yang untuk pertama kalinya melibatkan partisipasi aktif dari agama-agama lain, selain Gereja Inggris.

“Pemimpin Buddha, Hindu, Yahudi, Muslim dan Sikh akan mengambil bagian dalam berbagai aspek penobatan,” kata kantor Uskup Agung Canterbury seperti dikutip dari Associated Press.

Upacara tersebut juga akan melibatkan uskup wanita untuk pertama kalinya, serta himne dan doa yang dinyanyikan dalam bahasa Welsh, Gaelik Skotlandia, Gaelik Irlandia, serta bahasa Inggris.

“Ibadat itu berisi unsur-unsur baru yang mencerminkan keragaman masyarakat kontemporer kita,” kata Uskup Agung Justin Welby, pemimpin spiritual Gereja Inggris, dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Investasi dan Warisan Membuat Raja Inggris Charles III Kaya Raya, Jumlahnya Dahsyat

“Adalah doa saya agar semua yang ambil bagian dalam kebaktian ini, apakah mereka beriman atau tidak beriman, akan menemukan kebijaksanaan kuno dan harapan baru yang membawa ilham dan sukacita,” ujarnya.

Upacara penobatan mencerminkan upaya Charles untuk menunjukkan bahwa monarki berusia 1.000 tahun itu masih relevan di negara yang jauh lebih beragam daripada saat ibunya dimahkotai 70 tahun lalu. Meskipun raja adalah gubernur tertinggi Gereja Inggris, sensus terbaru menunjukkan bahwa kurang dari setengah populasi Inggris saat ini menggambarkan diri mereka sebagai orang Kristen.

Dibangun dengan tema "Dipanggil untuk Melayani", layanan penobatan akan dimulai dengan salah satu anggota termuda dari jemaat - paduan suara Chapel Royal – yang akan menyapa raja. Charles akan menjawab dengan mengatakan, “Dalam nama-Nya dan menurut teladan-Nya, saya datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani.”

Momen itu dimaksudkan untuk menggarisbawahi pentingnya kaum muda di dunia saat ini, menurut Istana Lambeth, rumah Uskup Agung Canterbury.



Sumber : The Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.