Kompas TV internasional kompas dunia

Bantuan Medis Darurat dari Komite Palang Merah Tiba di Sudan Saat Pertempuran Berkecamuk Sengit

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 04:05 WIB
bantuan-medis-darurat-dari-komite-palang-merah-tiba-di-sudan-saat-pertempuran-berkecamuk-sengit
Sebuah pesawat membawa delapan ton bantuan medis darurat mendarat hari Minggu (30/4/2023) di Sudan untuk memasok rumah sakit yang hancur akibat lebih dari dua minggu pertempuran antara pasukan militer dan pasukan paramiliter. (Sumber: ICRC)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KAIRO, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat membawa delapan ton bantuan medis darurat mendarat hari Minggu (30/4/2023) di Sudan untuk memasok rumah sakit yang hancur akibat lebih dari dua minggu pertempuran antara pasukan militer dan pasukan paramiliter.

Hari Minggu (30/4/2023), pesawat yang membawa bantuan medis berangkat dari Yordania dan mendarat di kota Port Sudan, kata Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Seperti dilaporkan oleh Associated Press pada hari Minggu (30/4/2023), persediaan tersebut cukup untuk merawat ratusan korban luka, ketika jumlah kematian sipil akibat kekerasan di seluruh negeri mencapai 400 jiwa.

Konflik pecah pada tanggal 15 April antara pasukan militer dan pasukan paramiliter, mengancam untuk menjerumuskan Sudan ke dalam perang saudara yang akan berdarah-darah.

Lebih dari dua pertiga rumah sakit tidak berfungsi di daerah yang dilanda pertempuran, kata asosiasi dokter nasional Sudan, karena kekurangan persediaan medis, tenaga kesehatan, air dan listrik.

Persediaan, termasuk anestesi, perban, jahitan, dan bahan bedah lainnya, cukup untuk merawat lebih dari 1.000 orang yang terluka dalam konflik. "Harapannya adalah untuk mendapatkan materi ini ke beberapa rumah sakit yang paling sibuk secara kritis di ibu kota Khartoum dan tempat-tempat lain," kata Patrick Youssef, direktur regional ICRC untuk Afrika.

ICRC akan mengirimkan pesawat kedua yang membawa pasokan medis tambahan dan personel darurat ICRC.

ICRC mengingatkan pihak-pihak yang berkonflik untuk menghormati kewajiban mereka di bawah hukum humaniter internasional dan memfasilitasi pekerjaan personel medis dan kemanusiaan, memperlakukan tahanan secara manusiawi dan mengambil semua tindakan pencegahan yang layak untuk menghindari hilangnya nyawa warga sipil dan kerusakan objek dan infrastruktur sipil.

Baca Juga: Rusia: Sudan Harus Selesaikan Masalah Secara Internal, Peringatkan Eksternal Jangan Ikut Campur

Sebuah pesawat membawa delapan ton bantuan medis darurat mendarat hari Minggu (30/4/2023) di Sudan untuk memasok rumah sakit yang hancur akibat lebih dari dua minggu pertempuran antara pasukan militer dan pasukan paramiliter.  (Sumber: ICRC)

Persatuan Dokter Sudan, yang memantau korban, hari Minggu mengatakan selama dua minggu terakhir, 425 warga sipil tewas dan 2.091 terluka.

Kementerian Kesehatan Sudan hari Sabtu menempatkan jumlah kematian keseluruhan, termasuk personel tempur, menjadi 528 orang, dengan 4.500 terluka.

Beberapa pertempuran paling mematikan terjadi di seluruh Khartoum. Pertempuran tersebut melibatkan kepala militer, Jenderal Abdel Fattah Burhan, melawan Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo, kepala kelompok paramiliter yang dikenal sebagai Pasukan Dukungan Cepat. Dahulu pasukan paramiliter ini dikenal sebagai milisi Janjaweed yang terlibat peperangan kejam di Darfur, Sudan.



Sumber : Associated Press / ICRC


BERITA LAINNYA



Close Ads x