Kompas TV internasional kompas dunia

11 Orang Tewas akibat Kebocoran Gas Industri di Punjab India

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 01:25 WIB
11-orang-tewas-akibat-kebocoran-gas-industri-di-punjab-india
Dalam foto yang disediakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana India (NDRF) tampak personel NDRF melakukan evakuasi warga menyusul terjadinya kebocoran gas di Giaspura, Ludhiana, Punjab, India, Minggu, 30 April 2023. (Sumber: Badan Nasional Penanggulangan Bencana India via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

AMRITSAR, KOMPAS.TV - Kebocoran gas menewaskan 11 orang di India pada Minggu (30/4/2023) dalam kecelakaan industri mematikan terbaru di raksasa ekonomi regional yang kini berpenduduk 1,4 miliar orang itu.

Seperti dilaporkan France24, kebocoran gas terjadi di Giaspura, daerah industri di Ludhiana, negara bagian Punjab di bagian utara India.

"Meninggalnya sebelas orang sudah dikonfirmasi," kata Mandeep Singh Sidhu, komisaris polisi Ludhiana, kepada wartawan, sambil menambahkan bahwa empat orang dirawat di rumah sakit.

Penyebab kebocoran belum dapat dipastikan, tambah Sidhu.

"Ketika sampel darah dipasangkan dengan sampel yang diambil tim NDRF (National Disaster Response Force), baru kami bisa memberi tahu penyebab pastinya, seperti gas apa," kata komisaris polisi tersebut.

Stasiun televisi NDTV melaporkan, lima perempuan termasuk di antara mereka yang meninggal. Enam korban lainnya termasuk dua anak laki-laki berusia 10 dan 13 tahun, tambah laporan tersebut.

Kebocoran gas industri yang disebabkan oleh buruknya standar keselamatan dan kurangnya pengawasan memang sering terjadi di India.

Agustus tahun lalu, setidaknya 112 perempuan dirawat di rumah sakit setelah terjadi kebocoran gas di pabrik manufaktur pakaian di negara bagian Andhra Pradesh di selatan India.

Sebelumnya pada Juni, sekitar 200 perempuan pingsan setelah terjadi kebocoran gas di area yang sama, seperti dilaporkan NDTV, dikutip dari France24.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x