Kompas TV internasional kompas dunia

NATO: Sekutu Ukraina Sudah Kirim 1.550 Lapis Baja, 230 Tank dan Banyak Amunisi

Kompas.tv - 28 April 2023, 05:22 WIB
nato-sekutu-ukraina-sudah-kirim-1-550-lapis-baja-230-tank-dan-banyak-amunisi
Lapis baja serbu Marder buatan Jerman. Sekutu NATO dan negara-negara mitra Ukraina sudah mengirimkan lebih dari 98% kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina. Bersama dengan lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja, 230 tank, dan peralatan lainnya. (Sumber: The Drive)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KIEV, KOMPAS.TV - Sekutu NATO dan negara-negara mitra Ukraina sudah mengirimkan lebih dari 98% kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina untuk menghadapi serangan Rusia, kata Sekjen NATO hari Kamis (27/4/2023), memberikan Kiev kekuatan lebih besar saat mempertimbangkan meluncurkan kontraofensif.

Bersama dengan lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja, 230 tank, dan peralatan lainnya, sekutu Ukraina telah mengirimkan "sejumlah besar amunisi" dan juga melatih serta mempersenjatai lebih dari sembilan brigade Ukraina yang baru, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Lebih dari 30.000 tentara diperkirakan membentuk brigade baru tersebut. Beberapa negara mitra NATO, seperti Swedia dan Australia, juga menyediakan kendaraan lapis baja.

"Ini akan menempatkan Ukraina dalam posisi yang kuat untuk terus merebut kembali wilayah yang diduduki," kata Stoltenberg kepada wartawan di Brussels.

Komentarnya itu datang sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan ia dan pemimpin China Xi Jinping melakukan panggilan telepon yang "panjang dan bermakna" dalam kontak pertama mereka sejak invasi penuh Rusia lebih dari setahun yang lalu.

Meskipun Zelenskyy mengatakan ia terbuka untuk dialog, dan para pejabat Barat menyambut baik langkah Xi, perkembangan ini tidak menghasilkan pergeseran yang signifikan terkait prospek perdamaian.

Rusia dan Ukraina jauh berbeda dalam hal syarat perdamaian, dan China, sementara berusaha untuk menjadi kekuatan diplomasi global, telah menolak untuk mengkritik invasi Rusia.

Baca Juga: Lengkap, Inilah 12 Poin Usulan Perdamaian China untuk Penyelesaian Politik Konflik Rusia Ukraina

Dua tank Leopard 2 di Jerman, Rabu, (1/2/2023). Sekutu NATO dan negara-negara mitra Ukraina sudah mengirimkan lebih dari 98% kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina. Bersama dengan lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja, 230 tank, dan peralatan lainnya. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)

Pemerintah China melihat Rusia sebagai sekutu diplomasi dalam menentang pengaruh AS dalam urusan global, dan Xi mengunjungi Moskow bulan lalu.

Stoltenberg mengatakan 31 sekutu NATO berkomitmen untuk memperkuat militer Ukraina, menambahkan, merebut kembali tanah yang diduduki oleh pasukan Kremlin akan memberikan Kiev posisi negosiasi yang lebih kuat jika terjadi pembicaraan perdamaian.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x