Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Arab Saudi di Jakarta: 560 WNI Dievakuasi dari Sudan Lewat Jalur Laut ke Jeddah

Kompas.tv - 27 April 2023, 16:46 WIB
dubes-arab-saudi-di-jakarta-560-wni-dievakuasi-dari-sudan-lewat-jalur-laut-ke-jeddah
Belasan WNI dievakuasi ke KBRI Khartum pada Selasa (18/4/2023) di tengah pertempuran antara tentara nasional Sudan dan paramiliter RSF. (Sumber: Handout KBRI Khartum via Antara)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia mengungkapkan sebanyak 560 Warga Negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi dari Sudan lewat jalur laut ke Jeddah, Arab Saudi, sebelum dipulangkan ke Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Al-Amudi di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: Manfaatkan Gencatan Senjata Sudan, China Kirim Kapal Militer untuk Evakuasi Warganya

“Tentu dalam kaitan ini, kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada otoritas Sudan yang telah memberikan kemudahan dan fasilitas bagi preses evakuasi ini,” kata Al-Amudi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Iksan Apriansyah.

“Mengenai warga Indonesia sebagaimana informasi terakhir yang kami terima bahwa telah dilakukan evakuasi 560 WNI dari Sudan,” katanya.

Ia menegaskan Kedubes Arab Saudi di Indonesia akan memberikan fasilitas dan kemudahan visa untuk kembali ke Indonesia.

“Kepada warga negara Indonesia yang sudah dievakuasi tentu diberikan kemudahan, dan fasilitas setibanya di Jeddah, baik berkaitan dengan visa dan izin tinggal sementara, dan juga kebutuhan pokok lainnya hingga mereka kembali ke Tanah Air,” tambahnya.

Baca Juga: Indonesia Kembali Evakuasi WNI dari Sudan, 110 Orang Diterbangkan ke Jeddah dengan Pesawat TNI AU

Faisal mengatakan proses evakuasi terhadap warga negara asing di Sudan merupakan hal penting untuk menjaga hubungan dengan negara-negara sahabat.

“Tentu dalam hal ini pemerintah Arab Saudi secara terus-menerus berkomitmen untuk membantu warga negara asing yang akan kembali ke Tanah Air-nya dari Sudan,” ujarnya.

“Pemerintah Arab Saudi juga senantiasa berkomitmen dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di Sudan dan organisasi-organisasi internasional yang berpengaruh sehingga Sudan bisa kembali damai dan perang bisa dihentikan,” lanjut Faisal.

Baca Juga: Gencatan Senjata 72 Jam di Sudan Tak Lancar, Pertempuran Masih Terjadi

Diberitakan sebelumnya, Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Republik Indonesia mengumumkan evakuasi 110 WNI dari Sudan ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) pada Rabu (26/4/2023).

Mereka merupakan bagian evakuasi WNI tahap kedua, yang melakoni jalan darat dari Ibu Kota Sudan, Khartoum, ke Port Sudan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x