Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Kembali Evakuasi WNI dari Sudan, 110 Orang Diterbangkan ke Jeddah dengan Pesawat TNI AU

Kompas.tv - 27 April 2023, 14:58 WIB
indonesia-kembali-evakuasi-wni-dari-sudan-110-orang-diterbangkan-ke-jeddah-dengan-pesawat-tni-au
Ratusan WNI dievakuasi dari Sudan di tengah pertempuran antara militer dan sebuah kelompok paramiliter, Senin (24/4/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

PORT SUDAN, KOMPAS.TV - Indonesia kembali mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan yang tengah dilanda pertempuran sengit antara militer dan sebuah kelompok paramiliter sejak pertengahan bulan ini.

Sebanyak 110 WNI dievakuasi dari Sudan ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU).

Mereka merupakan bagian evakuasi WNI tahap kedua, yang melakoni jalan darat dari Ibu Kota Sudan, Khartoum, ke Port Sudan.

Baca Juga: Gencatan Senjata 72 Jam di Sudan Tak Lancar, Pertempuran Masih Terjadi

Para WNI yang terdiri dari pria, perempuan, dan anak-anak itu dievakuasi dengan pesawat Boeing 737 A-7305 TNI AU dari Port Sudan ke Jeddah.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Madya TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Ss mengungkapkan proses evakuasi berjalan lancar.

Ia menegaskan hal itu bisa terjadi berkat koodinasi yang baik dari beberapa pihak terkait, yaitu Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, KBRI Sudan, kru pesawat dan Konjen RI di Jeddah.

“Alhamdulillah pada Rabu kemarin, evakuasi WNI dapat berjalan lancar,” katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan Dinas Penerangan AU, Kamis (27/4/2023).

“Ini merupakan tahap pertama, yang akan dilajutkan ke beberapa tahap berikutnya, dalam sorties penerbangan dari Port Sudan ke Jeddah,” tambah Kadispenau.

WNI yang sudah dievakuasi ke Jeddah, akan dibawa pulang ke Indonesia menggunakan beberapa pesawat komersial.

Baca Juga: Di Arab Saudi Ternyata Ada Benteng Militer Romawi Berusia 2.000 Tahun, Terletak di Gurun Pasir



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x