Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Gempar! Ulama Senior Syiah Ditembak Mati di Bank

Kompas.tv - 27 April 2023, 00:14 WIB
iran-gempar-ulama-senior-syiah-ditembak-mati-di-bank
Seorang bersenjata di sebuah bank di utara Iran dengan tenang mendekati seorang ulama senior Syiah, menembak dan membunuh ayatullah tersebut hari Rabu (26/4/2023), seperti yang terlihat dalam rekaman kamera pengawas di lokasi kejadian. (Sumber: Clarion India)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV - Seorang bersenjata di sebuah bank di utara Iran dengan tenang mendekati seorang ulama senior Syiah, menembak dan membunuh ayatullah tersebut, Rabu (26/4/2023), seperti yang terlihat dalam rekaman kamera pengawas di lokasi kejadian dalam laporan Associated Press.

Ini adalah ulama senior yang tewas selama beberapa bulan terakhir dalam kekacauan yang mengguncang Republik Islam itu.

Pembunuhan Ayatullah Abbas Ali Soleimani menggemparkan baik para saksi yang menyaksikan penembakan maupun masyarakat umum.

Ulama ini pernah bertugas di Majelis Ahli yang memilih dan mengawasi pemimpin tertinggi Republik Islam Iran.

Peristiwa itu terjadi setelah protes massal dan tindakan keras aparat keamanan terhadap para demonstran menyusul kematian Mahsa Amini, seorang perempuan berusia 22 tahun, setelah ditangkap oleh polisi moral negara tersebut pada bulan September lalu.

Otoritas belum memberikan alasan langsung atas serangan ini di Babolsar, di Provinsi Mazandaran, Iran bagian utara, di dekat ibu kota Teheran. Awalnya, televisi negara menggambarkan seorang pria yang mengatasi seorang penjaga dan menembak ayatullah tersebut.

Baca Juga: Iran Eksekusi Hukuman Gantung Pelaku Pembunuhan Dua Ulama Syiah

Peta Iran dan ibukota Teheran. Seorang bersenjata di sebuah bank di utara Iran dengan tenang mendekati seorang ulama senior Syiah, menembak dan membunuh ayatollah tersebut hari Rabu (26/4/2023), seperti yang terlihat dalam rekaman kamera pengawas di lokasi kejadian. (Sumber: AP Graphics)

Namun, rekaman kamera pengawas yang kemudian dibagikan secara luas oleh media Iran menunjukkan pelaku berada di dalam bank, membawa senjata terbuka dan berjalan-jalan sejenak sebelum akhirnya mendekati Soleimani dan menembaknya.

Saat suara tembakan terdengar, turban putih Soleimani jatuh ke lantai sementara tubuhnya jatuh lemas. Jendela di belakang ulama tersebut pecah.

Dua orang pria, salah satunya mengenakan seragam hijau, terlihat terdiam dan terkejut. Mereka kemudian menangkap pelaku sebelum rekaman berakhir.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x