Kompas TV internasional kompas dunia

Fumio Kishida Diserang Bom Asap saat Kampanye, Partai Shinzo Abe: Tindakan Ini Guncang Demokrasi

Kompas.tv - 15 April 2023, 21:42 WIB
fumio-kishida-diserang-bom-asap-saat-kampanye-partai-shinzo-abe-tindakan-ini-guncang-demokrasi
Seorang pria ditangkap setelah apa yang tampak sebagai bom asap dilemparkan ke sebuah pelabuhan di Wakayama, Jepang bagian barat, pada Sabtu, 15 April 2023. Stasiun televisi NHK melaporkan sebuah ledakan terjadi saat Perdana Menteri Fumio Kishida berkunjung ke pelabuhan tersebut. (Sumber: Kyodo News via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TOKYO, KOMPAS.TV - Pimpinan eksekutif partai yang berkuasa di Jepang saat ini, Partai Demokrat Liberal (LDP) terkejut dengan serangan ke Perdana Menteri Fumio Kishida saat berkampanye di Wakayama, Jepang, Sabtu (15/4/2023). PM Jepang itu dilempar bom asap ketika berkampanye.

Kishida sendiri dilaporkan tidak mengalami luka dan pelaku segera ditangkap polisi. Sekjen LDP Toshimitsu Motegi mengaku pihaknya telah menghubungi sang PM setelah kejadian.

Baca Juga: PM Jepang Fumio Kishida Dievakuasi Usai Terdengar Ledakan di Tempatnya Pidato, Satu Orang Ditangkap

"Ini adalah tindakan memalukan yang terjadi selama kampanye yang terletak di dasar demokrasi kita," kata Motegi dikutip Asahi Shimbun.

Sementara itu, Tsuyohsi Takagi, ketua komite Diet (parlemen Jepang) LDP menyebut tindakan penyerangan ke Kishida tidak bisa dimaafkan.

"Ini adalah tindakan tak termaafkan yang bisa mengguncang akar terdalam dari demokrasi kita karena ini terjadi selama kampanye," kata Takagi.

Sebelum penyerangan terhadap Fumio Kishida, LDP dan Jepang masih kuat mengingat pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe pada 8 Juli 2022 lalu. Shinzo Abe sendiri merupakan kader LDP.

Pembunuhan Shinzo Abe mengejutkan publik internasional mengingat angka kriminalitas yang relatif rendah di Jepang dan ketatnya kontrol senjata api. Peristiwa ini juga memicu perdebatan tentang pengamanan politikus yang kerap berkampanye di ruang terbuka di Jepang.

Baca Juga: Jepang Resmikan UU yang Sasar Pendanaan Organisasi Keagamaan, Misi Pembunuh Shinzo Abe Berhasil?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x