Kompas TV internasional kompas dunia

Kiev Berkeras, Syarat Perundingan adalah Pasukan Rusia Mundur dari Seluruh Wilayah Ukraina

Kompas.tv - 13 April 2023, 23:55 WIB
kiev-berkeras-syarat-perundingan-adalah-pasukan-rusia-mundur-dari-seluruh-wilayah-ukraina
Menlu Ukraina Dmytro Kuleba hari Kamis, (13/4/2023) mengatakan negaranya tidak akan mundur dari tuntutan agar Rusia menarik pasukannya dari Krimea, serta dari wilayah lain di Ukraina yang secara ilegal dianeksasi oleh Moskow, agar perang dapat berakhir. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmytro Kuleba, Kamis (13/4/2023), mengatakan negaranya tidak akan mundur dari tuntutan agar Rusia menarik pasukannya dari Krimea, serta dari wilayah lain di Ukraina yang secara ilegal dianeksasi oleh Moskow, agar perang dapat berakhir.

Menyebut konflik di Ukraina sebagai "luka terbuka di tengah Eropa", Menlu Dmytro Kuleba mengatakan seluruh wilayah negaranya harus diperlakukan sama oleh Kremlin setelah serangan penuh Rusia lebih dari 13 bulan yang lalu.

"Kami bersatu oleh prinsip-prinsip Piagam PBB dan keyakinan bersama Krimea adalah Ukraina dan akan kembali berada di bawah kendali Ukraina," kata Kuleba, berbicara melalui video link pada pertemuan di ibu kota Rumania, Bucharest.

"Setiap kali Anda mendengar seseorang dari sudut mana pun di dunia mengatakan Krimea secara khusus harus tidak dikembalikan ke Ukraina, seperti bagian lain dari wilayah kami, Anda harus tahu satu hal: Ukraina secara kategorikal tidak setuju dengan pernyataan-pernyataan tersebut," kata Kuleba pada Konferensi Keamanan Laut Hitam.

Rusia mengambil alih Krimea pada tahun 2014, dan selama perang saat ini memperluas kehadirannya di sana. Tindakan sabotase dan serangan lain terhadap fasilitas militer dan lainnya di semenanjung tersebut terjadi sesekali, dengan Kremlin menyalahkan Ukraina.

Pemerintah Kiev tidak mengaku bertanggung jawab atas serangan-serangan tersebut, tetapi menyambut baik upaya untuk mengusir kehadiran Rusia dari Krimea.

Kremlin ingin Kiev mengakui kedaulatan Rusia atas Krimea dan juga mengakui aneksasi provinsi-provinsi Ukraina seperti Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia pada September lalu.

Baca Juga: Warga Rusia Takut Putin Lakukan Mobilisasi Lagi, Gegara RUU yang Sulitkan Hindari Panggilan Militer

Peta wilayah Krimea. Menlu Ukraina Dmytro Kuleba, Kamis (13/4/2023), mengatakan negaranya tidak akan mundur dari tuntutan agar Rusia menarik pasukannya dari Krimea, serta dari wilayah lain di Ukraina yang secara ilegal dianeksasi oleh Moskow, agar perang dapat berakhir. (Sumber: BBC)

Ukraina menolak tuntutan tersebut dan tidak akan melakukan pembicaraan dengan Rusia sampai pasukan Moskow mundur dari semua wilayah yang diduduki.

Meskipun tidak ada tanda-tanda negosiasi perdamaian yang mungkin terjadi, kedua negara secara sporadis telah bertukar tawanan perang dan telah melakukan kesepakatan perang untuk ekspor biji-bijian Ukraina dan pupuk Rusia.

Kesepakatan tersebut membantu mengurangi kekhawatiran tentang pasokan makanan global, terutama ke negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan sebagian Asia di mana banyak orang sudah berjuang melawan kelaparan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x