Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Armenia-Azerbaijan Bentrok di Perbatasan, Tujuh Orang Tewas

Kompas.tv - 12 April 2023, 13:48 WIB
tentara-armenia-azerbaijan-bentrok-di-perbatasan-tujuh-orang-tewas
Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev. Pasukan Armenia dan Azerbaijan terlibat bentrokan hari Selasa (11/4/2023) di sepanjang perbatasan, berakibat sedikitnya tujuh tentara tewas, menurut laporan Kementerian Pertahanan kedua negara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV, YEREVAN - Pasukan Armenia dan Azerbaijan terlibat bentrokan hari Selasa (11/4/2023) di sepanjang perbatasan, mengakibatkan sedikitnya tujuh tentara tewas, menurut laporan Kementerian Pertahanan kedua negara yang dilaporkan oleh Associated Press hari Rabu (12/4/2023).

Konfrontasi ini terjadi setelah berbulan-bulan ketegangan terkait penutupan satu-satunya jalan yang menghubungkan Armenia dengan Nagorno-Karabakh, enklave etnis Armenia di Azerbaijan.

Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan Azerbaijan menembakkan senjata pada tentara yang sedang melakukan pekerjaan teknis di dekat desa Armenia, Tegh, sekitar 3 kilometer dari perbatasan. Empat tentara Armenia tewas dan enam terluka, begitu juga yang dilaporkan oleh Azerbaijan, dengan tambahan tiga tentara Azerbaijan tewas.

Pertempuran terjadi di wilayah Koridor Lachin, jalan yang mengarah ke Nagorno-Karabakh.

Wilayah itu berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia pada tahun 1994 setelah perang separatis di mana Armenia juga mengambil alih wilayah-wilayah terdekat.

Selama enam minggu pertempuran intensif tahun 2020 yang berakhir dengan gencatan senjata yang dicapai melalui mediasi Rusia, Azerbaijan merebut kendali atas wilayah-wilayah tersebut dan sebagian Nagorno-Karabakh itu sendiri.

Rusia mengirimkan pasukan penjaga perdamaian yang bertugas menjaga ketertiban dan melindungi Koridor Lachin.

Namun, pada Desember, demonstran yang mengklaim sebagai aktivis lingkungan mulai memblokir jalan, menuduh Armenia melakukan penambangan ilegal di wilayah tersebut.

Baca Juga: Putin Fasilitasi Pertemuan Perdamaian Tingkat Tinggi Pemimpin Azerbaijan dan Armenia

Tentara Armenia tengah berjaga di wilayah Nagorno-Karabakh. Pasukan Armenia dan Azerbaijan terlibat bentrokan hari Selasa (11/4/2023) di sepanjang perbatasan, berakibat sedikitnya tujuh tentara tewas, menurut laporan Kementerian Pertahanan kedua negara. (Sumber: AP Photo)

Armenia mengatakan protes tersebut diorchestrasi oleh Azerbaijan. Sebaliknya, Azerbaijan menuduh bahwa orang-orang Armenia telah menggunakan koridor untuk mengangkut ranjau darat ke Nagorno-Karabakh yang melanggar ketentuan gencatan senjata.

Penutupan jalan tersebut telah menyebabkan kelangkaan makanan di Nagorno-Karabakh. Azerbaijan juga secara berkala memotong pasokan gas dan listrik.

Bulan Oktober tahun lalu Presiden Rusia Vladimir Putin menjamu pemimpin Armenia dan Azerbaijan  untuk menengahi konflik berkepanjangan antara dua bekas tetangga Soviet itu.

Dalam pertemuan awal dengan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan di kota resor Laut Hitam Sochi, Senin (31/10/2022), Putin mengatakan tujuannya adalah untuk memastikan perdamaian dan stabilitas, serta membuka blokir infrastruktur transportasi untuk membantu pembangunan ekonomi dan sosial Armenia.

Putin juga mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menjelang KTT tiga pihak dengan Rusia sebagai fasilitator.

Armenia dan Azerbaijan terkunci dalam konflik puluhan tahun atas Nagorno-Karabakh, yang merupakan bagian dari Azerbaijan tetapi berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang separatis di sana berakhir pada tahun 1994.

"Kami melihat pendekatan rekan-rekan kami terhadap apa yang terjadi di perbatasan Armenia-Azerbaijan dan di sekitar Karabakh. Konflik ini sudah satu dekade, jadi kita harus mengakhirinya," kata Putin seperti dilansir Associated Press, Senin (31/10/ 2022).



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x