Kompas TV internasional kompas dunia

Dokumen Rahasia AS tentang Perang Ukraina Diduga Bocor karena Debat Gamers di Server Discord

Kompas.tv - 12 April 2023, 00:05 WIB
dokumen-rahasia-as-tentang-perang-ukraina-diduga-bocor-karena-debat-gamers-di-server-discord
Arsip. Dalam foto yang diambil dari video dan dirilis Dinas Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat, 28 Oktober 2022, tampak helikopter Ka-52 milik Angkatan Udara Rusia, melepaskan roket ke arah sebuah target di sebuah lokasi yang tidak diketahui di Ukraina. Dokumen-dokumen rahasia Pentagon Amerika Serikat (AS) yang bocor belakangan ini diyakini pertama kali disebarkan ke publik di server Discord, platform jejaring komunitas yang umum dipakai gamers. Dokumen-dokumen rahasia tersebut diduga bocor karena pengguna Discord yang ingin memenangkan debat soal perang di Ukraina. (Sumber: Dinas Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Dokumen-dokumen rahasia Pentagon Amerika Serikat (AS) yang bocor belakangan ini diyakini pertama kali disebarkan ke publik di server Discord, platform jejaring komunitas yang umum dipakai gamers. Dokumen-dokumen rahasia tersebut diduga bocor karena pengguna Discord yang ingin memenangkan debat soal perang di Ukraina.

Bocornya setumpuk dokumen itu disadari pihak terkait usai dokumen mengenai estimasi korban di pertempuran Bakhmut beredar di media sosial pada pekan lalu.

Terdapat dua versi dokumen yang beredar, yakni dokumen yang telah disunting untuk mengecilkan korban di pihak Rusia dan membesar-besarkan korban di pihak Ukraina, serta versi dengan angka asli yang disebarkan di situs web 4Chan.

Pada saat bersamaan, sepaket dokumen lain juga disebarkan di kanal-kanal Telegram pro-Rusia.

Baca Juga: Dokumen Rahasia Pentagon Bocor, Ungkap AS Mata-matai Sekutu dan Keterlibatan di Perang Ukraina

Sebelum dokumen-dokumen rahasia tersebut disebar di kanal terbuka, dokumen-dokumen itu pertama kali muncul di server tertutup Discord. Dalam server bertajuk "Minecraft Earth Map", 10 berkas dokumen rahasia diunggah seawalnya pada 4 Maret 2023.

"Setelah pertengkaran singkat dengan seseorang di server tentang maps Minecraft dan perang di Ukraina, seorang pengguna Discord mengetik, 'Ini, bacalah sedikit dokumen bocoran', lalu menyisipkan 10 dokumen tentang Ukraina, sebagian di antaranya dimarkahi 'sangat rahasia'," kata Aric Toler, seorang analis di grup investigatif Bellingcat sebagaimana dikutip The Guardian, Selasa (11/4/2023).

Setelah penelusuran lebih lanjut, pengguna di server fans Minecraft itu diketahui menemukan dokumen-dokumen rahasia AS di server Discord lain yang diperuntukkan untuk fans Youtuber Filipina, WowMao. Di server ini, sebanyak 30 dokumen diunggah pada 1 Maret 2023 bersama puluhan dokumen lain tentang Ukraina yang belum terverifikasi.

Akan tetapi, sumber kebocoran pertama diduga berasal dari server Discord bertajuk "Thug Shaker Central". Dokumen rahasia AS diunggah di server ini seawalnya pada pertengahan Januari 2023.

Aric Toler menyebut, server "Thug Shaker Central" diisi pengguna yang tertarik dengan gim, musik, Kristen Ortodoks, dan fans dari Oxide, sebuah kanal Youtube bertema militer.

"Server ini pada dasarnya tidak bersifat geopolitis, meskipun pengguna-penggunanya menunjukkan pendirian konservatif yang gigih pada sejumlah isu, demikian kata sejumlah pengguna kepada Bellingcat. Hinaan rasis dan meme rasis disebarluaskan (di server tersebut)," kata Toler.

Kasus kebocoran dokumen Pentagon ini bukanlah kali pertama rahasia militer tersebar gara-gara gamers. Komunitas pemain War Thunder, sebuah gim simulasi tempur yang terkenal akan akurasinya, disebut kerap menjadi sumber kebocoran rahasia militer.

Pada Oktober 2021 lalu, detail-detail rahasia mengenai desain tank Leclerc Prancis bocor di sebuah forum gim tersebut. Gara-garanya adalah seorang pemain yang mengaku sebagai komandan unit tank militer Inggris Raya tak terima dengan klaim pemain lain soal kecepatan rotasi kepala tank.

Baca Juga: Doa Paus Fransiskus di Misa Paskah, Pertolongan untuk Rakyat Ukraina dan Perdamaian Palestina-Israel


 



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x