Kompas TV internasional kompas dunia

Balas Penyerbuan Al-Aqsa, Milisi Suriah Tembakkan Roket ke Israel

Kompas.tv - 9 April 2023, 16:44 WIB
balas-penyerbuan-al-aqsa-milisi-suriah-tembakkan-roket-ke-israel
Aparat Israel berdiri di depan Masjid Kubah Batu yang berada di dalam kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, wilayah Palestina yang diduduki Israel, pada Rabu, 5 April 2023 yang bertepatan dengan bulan Ramadan. Media Palestina melaporkan, aparat Israel menyerang jemaah Palestina yang beribadah di dalam kompleks suci tersebut. (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Kelompok milisi di daerah Suriah menembakkan roket ke wilayah Israel usai polisi Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa pada pekan ini.

Milisi di Suriah dilaporkan menembakkan dua salvo roket ke arah Israel dan Dataran Tinggi Golan pada Sabtu (8/4/2023) malam dan Minggu (9/4) dini hari waktu setempat.

Sebuah kelompok milisi Palestina yang loyal kepada pemerintah Suriah mengaku bertanggung jawab atas serangan roket pertama. Mereka menyebut peluncuran roket itu adalah balasan untuk penyerbuan Al-Aqsa.

Baca Juga: Kian Panas, Israel Perpanjang Tutup Wilayah yang Buat Muslim Palestina Sulit Masuk Masjid Al-Aqsa

Pada salvo pertama, satu roket dilaporkan mendarat di sebuah ladang di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel. Fragmen roket lain jatuh di wilayah Yordania, dekat wilayah Suriah.

Sementara dalam seri tembakan kedua, dua roket yang ditembakkan dari Suriah menembus perbatasan Israel. Militer Israel menyebut salah satu roket mendarat di area terbuka sedangkan satu lainnya berhasil disergap.

Militer Israel pun segera membalas dengan menembakkan artileri ke wilayah Suriah yang digunakan untuk menembak roket.

Israel juga mengirim serangan udara ke situs-situs militer Suriah, termasuk kamp Divisi ke-4 Angkatan Bersenjata Suriah, radar, dan artileri.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x