Kompas TV internasional kompas dunia

PM Malaysia Desak DK PBB Hukum Israel usai Penyerbuan ke Kompleks Masjid Al Aqsa

Kompas.tv - 6 April 2023, 21:23 WIB
pm-malaysia-desak-dk-pbb-hukum-israel-usai-penyerbuan-ke-kompleks-masjid-al-aqsa
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berpidato dalam sebuah acara di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 24 November 2022. (Sumber: AP Photo/Vincent Thian)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menghukum Israel atas serbuan ke kompleks Masjid Al Aqsa.

"Malaysia menyeru kepada masyarakat internasional, terutama Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membuat rezim Israel bertanggung jawab atas kejahatan-kejahatan kejinya, dan membebaskan secepatnya seluruh tahanan Palestina," cuit Anwar lewat akun Twitter resminya, @anwaribrahim, Kamis (6/4/2023).

"Masyarakat internasional mesti menuntut rezim Israel segera menghentikan tindakan-tindakan provokatifnya demi kepentingan perdamaian dan stabilitas."

"Malaysia terus berdiri dengan rasa solidaritas yang kuat bersama rakyat Palestina dan kembali menyatakan status Al-Quds Al-Sharif sebagai situs suci umat muslim."


Baca Juga: Tentara Israel Dua Kali Serang Masjid Al-Aqsa di Bulan Ramadan, Erdogan dan PBB Mengecam

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, wilayah Palestina yang diduduki Israel, pada Rabu (5/4/2023) dini hari waktu setempat dan menyerang jemaah yang sedang berada di dalam masjid.

Dilansir Al Jazeera, setidaknya 12 orang Palestina terluka akibat penyerangan ini dan lebih dari 400 orang ditahan Israel.

Pada Rabu malam, tentara Israel kembali menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa seusai pelaksanaan salat tarawih.

Saksi mata mengatakan kepada Anadolu Agency dikutip dari TRT World, tentara Israel menyerbu balai Al Qibli di kompleks Masjid Al Aqsa. Mereka menembakkan granat kejut dan memukuli jemaah Palestina.

Palang Merah Palestina di Yerusalem Timur mengatakan tim medis mereka telah merawat enam orang Palestina. Dua orang di antaranya telah dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa, Seorang Lansia Disambit Granat Kejut saat Tadarus

Kompleks Masjid Al Aqsa berada di Yerusalem Timur yang diduduki Israel setelah Perang Enam Hari pada 1967. Israel lalu mencaplok wilayah itu, sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional.

Di kompleks tersebut berdiri Masjid Al Aqsa, situs terpenting ketiga dalam Islam, dan Masjid Kubah Batu, yang diyakini muslim sebagai tempat dari mana Nabi Muhammad SAW diterbangkan ke langit ketujuh dalam peristiwa Isra' dan Mi'raj.

Sedangkan umat Yahudi percaya kompleks tersebut merupakan lokasi di mana dahulunya kuil-kuil Yahudi berdiri dan dinamakan Temple Mount.


 



Sumber : Kompas TV/Al Jazeera/Anadolu Agency


BERITA LAINNYA



Close Ads x