Kompas TV internasional kompas dunia

Kondisi Kesehatan Paus Fransiskus Membaik, Besok Diperbolehkan Pulang dari Rumah Sakit

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 19:54 WIB
kondisi-kesehatan-paus-fransiskus-membaik-besok-diperbolehkan-pulang-dari-rumah-sakit
Paus Fransiskus menemui anak-anak di akhir audiensi umumnya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 29 Maret 2023. Kondisi kesehatan Paus dilaporkan makin membaik dan diperkirakan akan mendapat izin pulang dari RS pada Sabtu (1/4/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

VATIKAN, KOMPAS.TV - Kondisi kesehatan Paus Fransiskus dilaporkan makin membaik dan diperkirakan akan mendapat izin pulang dari rumah sakit tempatnya dirawat karena infeksi saluran pernapasan, pada Sabtu (1/4/2023).

Vatikan mengatakan proses pemulihan Paus Fransiskus berlangsung "normal", bahkan ia sudah menyantap piza untuk makan malam.

Paus pun dijadwalkan akan berada di Lapangan Santo Petrus untuk Misa Minggu Palma.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, memberikan informasi terbaru lewat pernyataan tertulis pada Jumat (31/3/2023).

Dalam pernyataannya, Bruni mengatakan Paus Fransiskus dijadwalkan berada di alun-alun untuk Misa, yang menandai dimulainya Pekan Suci dan mengantarkan serangkaian upacara publik yang khidmat yang puncaknya pada Paskah pada 9 April 2023.

Paus Fransiskus yang berusia 86 tahun dirawat sejak Rabu (29/3/2023) di Poliklinik Gemelli, di mana dokter mengatakan ia menerima antibiotik secara intravena untuk mengobati bronkitisnya.

“Kemarin berjalan dengan baik, dengan pemulihan klinis yang normal,” kata Bruni.

“Pada malam hari (Kamis), Paus Fransiskus makan malam, makan piza, bersama dengan semua orang yang membantunya selama tinggal di rumah sakit beberapa hari ini,” kata juru bicara itu.

Mereka termasuk dokter, perawat, asisten, dan petugas keamanan Vatikan.

Pada Jumat pagi, Paus membaca koran dan melanjutkan pekerjaannya setelah sarapan. Kembalinya Paus ke tempat tinggalnya di Vatikan "diperkirakan besok, menurut hasil tes terakhir pagi ini," kata Bruni.

Juru bicara itu kemudian menambahkan, mengingat Paus Fransiskus akan kembali ke Vatikan pada Sabtu, ia diperkirakan akan hadir di alun-alun untuk Misa Minggu Palem.

Namun Bruni tidak mengatakan apakah Paus akan menyampaikan khotbah pada upacara yang berlangsung lama itu atau orang lain mungkin akan membacakan khotbah untuknya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x