Kompas TV internasional kompas dunia

China Pangkas PNS Tingkat Pusat hingga 5 Persen Selama 5 Tahun ke Depan, Pertanda Apakah?

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 00:05 WIB
china-pangkas-pns-tingkat-pusat-hingga-5-persen-selama-5-tahun-ke-depan-pertanda-apakah
Dewan Negara China mengumumkan rencana restrukturisasi hari Selasa (7/3/2023) untuk mengurangi jumlah pegawai negeri di tingkat pemerintah pusat sebanyak lima persen dalam lima tahun ke depan. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Dewan Negara China mengumumkan rencana restrukturisasi hari Selasa (7/3/2023) untuk mengurangi jumlah pegawai negeri di tingkat pemerintah pusat sebanyak lima persen dalam lima tahun ke depan.

Straits Times, Selasa (7/3/2023), melaporkan bahwa Xiao Jie, Sekretaris Jenderal Dewan Negara, menyampaikan pidato tentang rencana penyederhanaan Kabinet China kepada Kongres Rakyat Nasional di hari ketiga sesi penuh tahunan Parlemen, Selasa.

“Tujuannya adalah untuk memperkuat, memusatkan, dan menyatukan kepemimpinan di bawah pusat partai, mempercepat pembangunan pemerintahan yang berlandaskan hukum," menurut dokumen resmi yang tersedia untuk jurnalis.

Rencana ini juga dirancang "untuk memberikan jaminan kuat bagi pembangunan negara sosialis modern secara menyeluruh dan meningkatkan kebangkitan besar bangsa China", merujuk pada sumpah Presiden Xi Jinping untuk mengembalikan China ke masa kejayaannya dahulu.

Xiao tidak memberikan angka jumlah pegawai negeri pada tingkat pemerintah pusat saat ini, tetapi mengatakan pengurangan akan dilakukan selama periode lima tahun.

Parlemen dijadwalkan memberikan suara pada rencana ini hari Jumat (10/3/2023) dan hampir pasti akan menyetujuinya.

Dalam rencana tersebut, Kementerian Sains dan Teknologi akan direstrukturisasi dan sebagian tanggung jawabnya yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, dan formulasi kebijakan untuk industri pertanian dan wilayah pedesaan akan digabungkan ke dalam Kementerian Pertanian dan Urusan Perdesaan.

Baca Juga: Hubungan Memburuk, Menlu China Peringatkan AS: Akan Terjadi Konflik dan Konfrontasi

Dewan Negara China mengumumkan rencana restrukturisasi hari Selasa (7/3/2023) untuk mengurangi jumlah pegawai negeri di tingkat pemerintah pusat sebanyak lima persen dalam lima tahun ke depan. (Sumber: Straits Times)

Tanggung jawab lainnya akan dialihkan ke Komisi Perencanaan Pembangunan Nasional dan Reformasi, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, serta Komisi Kesehatan Nasional.

Seorang sumber dari partai yang enggan disebutkan namanya mengatakan kepada The Straits Times, "Presiden Xi telah menyatakan bahwa sains dan teknologi adalah pilar strategis untuk membangun China yang kuat. Restrukturisasi Kementerian Sains dan Teknologi sangat penting dan diperlukan untuk mencapai tujuan ini."

Sementara itu, State Financial Supervision and Regulatory Administration yang baru dibuat akan mengambil alih sebagian dari tanggung jawab bank sentral dan regulator sekuritas yang berkaitan dengan melindungi konsumen dan investor.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x