Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 10:29 WIB
arab-saudi-kirim-astronot-perempuan-pertama-ke-stasiun-luar-angkasa-internasional-iss
Kiri ke kanan: astronot Saudi Mariam Fardous, Rayyanah Barnawi, Ali Al-Qarni dan Ali Al-Ghamdi. Arab Saudi akan mengirim astronot perempuan pertama, Rayannah Barnawi dan seorang astronot laki-laki Ali Al Qarni ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS selama kuartal kedua tahun 2023. (Sumber: Arab News/Saudi Space Agency)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi akan mengirim astronot perempuan pertama dan seorang astronot laki-laki ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS selama kuartal kedua tahun 2023.

Arab News, Selasa (14/2/2023) melaporkan, astronot Rayyanah Barnawi dan Ali Al Qarni akan bergabung dengan awak misi luar angkasa AX-2, misi astronot swasta kedua Axiom Space ke ISS. 

“Langkah tersebut bertujuan memberdayakan kemampuan Saudi dalam penerbangan luar angkasa manusia yang diarahkan untuk melayani umat manusia dan memanfaatkan peluang menjanjikan yang ditawarkan oleh industri luar angkasa”, kata Saudi Press Agency, Senin, (13/2/2023)

Barnawi dan Al-Qarni akan terbang ke ISS dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon sebagai bagian dari misi musim semi ini oleh perusahaan ruang angkasa swasta Axiom Space, kata SPA dan Axiom.

Juga di atas kapal AX-2 akan ada Peggy Whitson, mantan astronot NASA yang akan melakukan penerbangan keempatnya ke ISS, dan John Shoffner, seorang pengusaha dari Tennessee yang akan bertugas sebagai pilot, seperti laporan France24, Selasa, (14/2/2023).

Kru AX-2 akan diluncurkan ke ISS dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida.

Baca Juga: Kontes Unta Tercantik Sejagad Digelar di Arab Saudi Berhadiah USD26 Juta, Siapakah Unta Tercantik?

SpaceX Dragon yang akan membawa astronot perempuan pertama Arab Saudi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Arab Saudi akan mengirim astronot perempuan pertama, Rayannah Barnawi dan seorang astronot laki-laki Ali Al Qarni ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS selama kuartal kedua tahun 2023. (Sumber: NASA/SpaceX)

Spaceflight dijadwalkan meluncur dari Amerika Serikat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Arab Saudi mencakup pelatihan dua astronot lain, Mariam Fardous dan Ali Al Gamdi, tentang semua persyaratan misi.

Sebelumnya diluncurkan oleh Saudi Space Commission SSC, Saudi Human Spaceflight Program merupakan kolaborasi dengan perusahaan AS Axiom Space untuk melatih astronot Saudi dan mendukung eksplorasi ruang angkasa SSC.



Sumber : Kompas TV/Arab News/Saudi Press Agency


BERITA LAINNYA



Close Ads x