Kompas TV internasional kompas dunia

Bom Perang Dunia II Meledak saat Tengah Dijinakkan, Terdengar hingga Radius Puluhan Kilometer

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 14:24 WIB
bom-perang-dunia-ii-meledak-saat-tengah-dijinakkan-terdengar-hingga-radius-puluhan-kilometer
Bom dari Perang Dunia II di Great Yarmouth, Norfolk, Inggris, meledak Jumat (10/2/2023) saat dijinakkan. (Sumber: BBC)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

NORFOLK, KOMPAS.TV - Sebuah bom dari Perang Dunia II di Inggris meledak saat tengah dijinakkan. Besarnya ledakan bahkan terdengar hingga puluhan kilometer jauhnya.

Bom yang meledak itu ditemukan di Great Yarmouth, Norfolk, Inggris, dan meledak pada Jumat (10/2/2023) pukul 17.00 waktu setempat.

Masyarakat mengungkapkan di media sosial bahwa ledakannya begitu besar dan terdengar hingga menggetarkan gedung yang berjarak 24 km dari lokasi.

Baca Juga: Ekstrem, Pria Ini Dibawa Ibunya ke RSJ karena Tak Kunjung Menikah di Usia 38 Tahun

Dikutip dari BBC, Kepolisian Norfolk mengungkapkan tak ada laporan cedera yang dialami tentara, layanan darurat atau masyarakat umum.

Penjagaan telah dilakukan sejak bom pertama kali ditemukan di dekat dua pipa gas pada Selasa (7/2/2023). Upaya untuk menjinakkan bom juga langsung dilakukan.

Penjagaan dengan jarak 200 meter, dan 400 meter dari lokasi penemuan bom akhirnya dicabut pada Jumat malam setelah ledakan terjadi.

Sebagian besar jalan telah dibuka kembali dan penduduk diizinkan kembali ke rumah mereka.

“Perangkat meledak tak lama setelah pekerjaan untuk menjinakkannya dilakukan,” kata Asisten Kepala Polisi Norfolk Nick Davison.

“Pendekatan tersebut merupakan opsi teraman untuk melucuti perangkat. Namun selalu ada risiko ledakan yang tak diinginkan,” tambahnya.

Wakil Pimpinan Dewan Norfolk Graham Plant mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membuat insiden itu berada pada kesimpulan yang aman.

“Dari badan gawat darurat, tentara, badan pemerintah, staf lini depan di dewan kota, semua kontraktor dan sukarelawan komunitas serta siapa saja yang membantu dengan berbagai cara, Anda layak mendapat pujian,,” ujarnya.

“Kami akan terus mendukung warga yang rentan karena proses ini dan tim jalan raya, serta kolega kami dari badan lingkungan bisa membuat penilaian terhadap dampak dari ledakan,” tuturnya.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Melebihi 23.000, Keajaiban Tetap Ada Meski Sudah 100 Jam

Warga setempat, Conrad Impey, mengatakan ia lega bisa kembali ke rumahnya setelah tinggal bersama kerabatnya.

Ia beserta tunangannya, putri, dan cucunya dievakuasi dari rumah mereka di Admiralty Road pada Selasa.

“Saat itu begitu tegang. Kami hanya berpikir apa yang terjadi, dan apakah akan meledakkan rumah?” ujarnya.

Bom dari Perang Dunia II itu diketahui memiliki panjang 1 meter dan berat 250 kg, ditemukan di Southtown Road oleh kontraktor yang bekerja di atas penyeberangan ketiga yang melintasi Sungai Yale.


 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x