Kompas TV internasional kompas dunia

Update Gempa Turki dan Suriah: Rakyat Palestina Laksanakan Salat Gaib, Korban Tewas Tembus 2.300

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 00:41 WIB
update-gempa-turki-dan-suriah-rakyat-palestina-laksanakan-salat-gaib-korban-tewas-tembus-2-300
Warga Palestina melakukan salat gaib untuk para korban gempa Turki dan Suriah di Masjid Al Aqsa, Yerusalem Timur, Tepi Barat, Senin (6/2/2023). Gempa dengan magnitudo 7,8 pada Senin pagi menewaskan 2.300 orang. (Sumber: TRT World)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Warga Palestina melakukan salat gaib untuk para korban gempa Turki dan Suriah di Masjid Al Aqsa, Yerusalem Timur, Tepi Barat, Senin (6/2/2023). Jumlah korban jiwa akibat gempa pada Senin pagi, menurut Anadolu Agency, sudah menembus 2.300.

Menurut seorang reporter Anadolu, ratusan jemaah Palestina ikut dalam salat gaib tersebut.

Gempa berkekuatan 7,8 melanda Turki bagian tenggara dan Suriah bagian utara pada Senin pagi, menewaskan sedikitnya 2.300 orang dan melukai ribuan lainnya.

Sementara ribuan orang diperkirakan masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan, menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turki.

Ratusan orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka di Suriah akibat gempa tersebut, menurut angka dari Kementerian Kesehatan rezim Suriah dan Pertahanan Sipil Suriah.

AFAD mengatakan gempa terjadi pada pukul 4.17 pagi (0117 GMT) dan berpusat di distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras, Turki.

Gempa juga merobohkan ratusan bangunan dan menjebak penduduk di bawah gundukan puing atau lantai yang rusak, seperti dilaporkan Associated Press, Senin malam WIB.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, Senin malam, mengatakan bencana separah ini terjadi "sekali dalam seratus tahun" dan negaranya harus bersiap menghadapi jumlah kematian yang meningkat di atas 1.541 kematian yang dihitung sejauh ini. Angka tersebut belum termasuk korban tewas di Suriah.

Oktay juga mengatakan sekitar 145 gempa susulan telah dicatat setelah gempa mematikan pada Senin pagi, dengan tiga gempa berkekuatan lebih dari 6,0.

Baca Juga: Update Gempa Turki dan Suriah: Jumlah Korban Jiwa Capai 2.300 Lebih

Seorang pria menggendong jenazah seorang bocah korban gempa di Desa Besnia, Provinsi Idlib, Suriah, di dekat perbatasan dengan Turki, Senin, 6 Februari 2023. Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang tenggara Turki dan utara Suriah pada Senin pagi, korban tewas menembus 2.300 orang di kedua negara. (Sumber: AP Photo/Ghaith Alsayed)

Pihak berwenang khawatir jumlah korban tewas akan meningkat lebih lanjut karena tim penyelamat melacak melalui logam dan beton yang kusut untuk mencari korban selamat di wilayah yang dilanda lebih dari satu dekade perang saudara di Suriah dan diperparah oleh krisis pengungsi.

Warga tersentak dari tidurnya akibat gempa menjelang fajar pada Senin dan bergegas keluar di tengah hujan dan salju untuk menghindari puing-puing yang berjatuhan. Sementara mereka yang terjebak berteriak minta tolong.

Gempa susulan besar, termasuk yang hampir sekuat gempa awal, terus mengguncang.

Gempa susulan yang berpusat di Provinsi Kahramanmaras di tenggara Turki, bahkan membuat penduduk Damaskus, ibu kota Suriah, bergegas ke jalan. Gempa juga dirasakan hingga Kairo di Mesir dan Beirut di Lebanon.




Sumber : Kompas TV/Anadolu/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x