Kompas TV internasional kompas dunia

Insiden Penembakan Terjadi saat Perayaan Tahun Baru Imlek di California

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 18:19 WIB
insiden-penembakan-terjadi-saat-perayaan-tahun-baru-imlek-di-california
Polisi menyelidiki lokasi penembakan di Monterey Park, California, Minggu, 22 Januari 2023. Puluhan petugas polisi menanggapi laporan penembakan yang terjadi setelah perayaan besar Tahun Baru Imlek berakhir di sebuah komunitas di sebelah timur Los Angeles, Sabtu (21/1) malam. (Sumber: AP Photo/Jae C. Hong)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Penembakan terjadi saat perayaan Tahun Baru Imlek di California, Amerika Serikat, Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat. 

Dilansir dari Associated Press, Minggu (22/1/2023), penembakan tersebut terjadi di Monterey Park, sebuah kota berpenduduk sekitar 60.000 orang dengan populasi mayoritas Asia yang berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Los Angeles.

Atas laporan insiden penembakan tersebut, polisi langsung bergegas ke lokasi namun masih enggan untuk memberikan komentar.

Sebelumnya pada hari itu, ribuan orang menghadiri festival tahunan dalam perayaan Tahun Baru Imlek. 

Seung Won Choi, pemilik restoran barbekyu makanan laut, Clam House, di seberang jalan tempat penembakan terjadi, mengatakan kepada Los Angles Times bahwa tiga orang bergegas masuk ke tempat miliknya dan menyuruhnya untuk mengunci pintu.

Orang-orang tersebut memberi tahu Choi bahwa ada orang yang membawa senapan mesin dan memiliki banyak amunisi sehingga dia dapat mengisi ulang, sedang melakukan penembakan.

Baca Juga: Detik-Detik Penembakan di Upacara Pemakaman Ibu-Anak, Bocah 7 Tahun Jadi Korban dan Kondisi Kritis

Choi mengatakan dia yakin penembakan itu terjadi di sebuah klub dansa.

LA Times juga melaporkan penembakan itu terjadi setelah pukul 10 malam

Sabtu kemarin adalah awal dari acara festival dua hari, yang merupakan salah satu acara Tahun Baru Imlek terbesar di California Selatan.

Sementara itu, dilansir Sky News, dalam sebuah cuitan, Pengawas Kota Kenneth Mejia, yang merupakan pejabat di pemerintahan Los Angeles, mengatakan "hatinya tertuju kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai malam ini" dalam "penembakan massal".

"Monterey Park adalah rumah bagi salah satu komunitas Asia terbesar di Los Angeles County, dan banyak yang merayakan Tahun Baru Imlek," tambahnya. 

Baca Juga: Polisi Sebut Pelaku Pembakaran Sekolah dan Penembakan Pesawat Didalangi KKB Kodap 35 Bintang Timur


 



Sumber : Associated Press/LA Times/Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x