Kompas TV internasional kompas dunia

Kevin McCarthy Gantikan Nancy Pelosi Jadi Ketua Kongres AS Lewat Pemilihan Sengit dan Menegangkan

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 22:20 WIB
kevin-mccarthy-gantikan-nancy-pelosi-jadi-ketua-kongres-as-lewat-pemilihan-sengit-dan-menegangkan
Kevin McCarthy dari Partai Republik terpilih sebagai Ketua Kongres Amerika Serikat pada pemungutan suara ke-15 pasca-tengah malam, Sabtu dini hari (7/1/2023), mengatasi perselisihan dari jajarannya sendiri. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Kevin McCarthy dari Partai Republik terpilih sebagai Ketua Kongres Amerika Serikat (AS) pada pemungutan suara ke-15 pasca-tengah malam yang bersejarah, Sabtu dini hari (7/1/2023), mengatasi perselisihan dari jajarannya sendiri.

Pemilihan ketua Kongres AS diwarnai ketegangan setelah minggu yang kacau, menguji kemampuan mayoritas kubu Partai Konservatif yang baru untuk memerintah.

"Ayah saya selalu mengatakan kepada saya, ini bukan bagaimana Anda memulai, tetapi bagaimana Anda menyelesaikannya," kata McCarthy kepada sesama Republikan yang bersorak, seperti laporan Associated Press, Sabtu (7/1).

Bersemangat untuk menghadapi Presiden Joe Biden dan Demokrat, McCarthy menjanjikan panggilan pengadilan dan penyelidikan. "Sekarang kerja keras dimulai," kata anggota kongres Partai Republik dapil California itu.

Dia memuji mantan Presiden Donald Trump karena berdiri bersamanya dan menelepon, walau terlambat "membantu mendapatkan suara terakhir itu."

Partai Republik meraung dalam perayaan ketika kemenangannya diumumkan, meneriakkan, "AS! AS!"

Akhirnya terpilih, McCarthy mengambil sumpah jabatan, dan Kongres akhirnya mengambil sumpah anggota parlemen yang baru terpilih. Mereka menunggu sepanjang minggu untuk pembukaan masa persidangan secara resmi dan sesi 2023-2024 dimulai.

Setelah empat hari pemungutan suara yang melelahkan, McCarthy membalik lebih dari selusin penolakan kubu Konservatif untuk menjadi pendukung, termasuk ketua Kaukus Kebebasan.

Baca Juga: Laporan Kongres AS: Donald Trump Kriminal karena Sulut Pemberontakan 6 Januari 2021 Gedung Kongres

Anggota Kongres AS Richard Hudson menarik anggota kongres Mike Rogers saat ketegangan dalam pemilihan Ketua Kongres AS. Kevin McCarthy dari Partai Republik terpilih sebagai Ketua Kongres Amerika Serikat pada pemungutan suara ke-15 pasca-tengah malam hari Sabtu dini hari, (7/1/2023) mengatasi perselisihan dari jajarannya sendiri. (Sumber: AP Photo)

Dia kalah satu suara pada pemungutan suara ke-14, dan ruangan Kongres langsung menjadi berisik dan sulit diatur.

McCarthy melangkah ke belakang ruangan untuk menghadapi Matt Gaetz dari Partai Republik, duduk bersama Lauren Boebert dan penentang lainnya. Jari-jari diarahkan, kata-kata dipertukarkan, dan kekerasan tampaknya dihindari begitu saja.

Pada satu titik, Mike Rogers dari Alabama dari Partai Republik, berteriak, mendekati Gaetz sebelum anggota Republik lainnya, Richard Hudson, secara fisik menariknya kembali.

"Tetaplah beradab!" seseorang berteriak.

Ketertiban lalu pulih, Partai Republik mengantri untuk memberi McCarthy jabatan yang telah dia perjuangkan dengan sangat keras untuk diperoleh, Ketua Kongres AS duduk di urutan kedua dalam garis suksesi kepresidenan.

Beberapa pendukung Republik yang tersisa mulai memberikan suara, kehilangan penghitungan yang dia butuhkan. Itu adalah akhir dari kebuntuan pahit yang menunjukkan kekuatan dan kerapuhan demokrasi Amerika.

Penghitungannya adalah 216-212 dengan Demokrat memilih pemimpin Hakeem Jeffries, dan enam pendukung Republik untuk McCarthy hanya memberikan suara.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x