Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Virus Covid-19 Ditemukan di 96,5% Sampel Air Limbah Berbagai Gerbang Masuk ke Malaysia

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 02:05 WIB
mengejutkan-virus-covid-19-ditemukan-di-96-5-sampel-air-limbah-berbagai-gerbang-masuk-ke-malaysia
Otoritas Kesehatan Malaysia melaporkan menemukan 96,5 persen atau 28 dari 29 sampel yang diambil dari titik masuk internasional mengandung varian Omicron Covid-19, kata direktur jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah. (Sumber: EPA-EFE)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Otoritas Kesehatan Malaysia melaporkan telah menemukan 96,5 persen atau 28 dari 29 sampel yang diambil dari titik masuk internasional mengandung varian Omicron Covid-19.

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam sebuah pernyataan mengatakan hasil tersebut berasal dari pengujian di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional sementara satu sampel lagi masih diuji.

Dua varian utama Covid-19 yang ditemukan menyebar dengan cepat di China adalah varian BA.5.2 dan BF.7, yang merupakan hampir 80 persen dari varian yang ditemukan di China saat ini, dan kini dipastikan terdeteksi di Malaysia, seperti dilansir Bernama, Senin (2/1/2023).

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan per 31 Desember, ada 4.148 kasus terinfeksi BA.5.2 dan tiga kasus terinfeksi BF.7 di Malaysia.

Namun Dr Noor Hisham mengklarifikasi tidak ada data yang menghubungkan kasus serius atau kematian dengan varian BA.5.2 dan BF.7.

“Kedua varian terdaftar sebagai sublineage Omicron BA.5 dan belum dikaitkan sebagai Lineage Under Monitoring LUM oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO."

Namun, baik varian BA.5.2 maupun BF.7 diyakini disebabkan oleh kasus yang berulang atau mereka yang memiliki peluang tinggi tertular varian tersebut karena tingginya jumlah kasus di China, katanya dalam keterangan hari ini.

Baca Juga: Malaysia Perketat Pemeriksaan Gejala Covid-19 di Bandara dan Uji Air Limbah Pesawat dari China

Menara Petronas Kuala Lumpur. Otoritas Kesehatan Malaysia dilaporkan menemukan 96,5 persen atau 28 dari 29 sampel yang diambil dari titik masuk internasional mengandung varian Omicron Covid-19, kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah. (Sumber: AP Photo)

Sementara itu, laboratorium juga menerima 301 sampel dari 15 lokasi yang mewakili setiap negara bagian di negara tersebut.

“(Dari jumlah tersebut) 288 sampel (95,7 persen) memiliki keberadaan SARS-CoV-2 dan positif untuk Omicron. Tiga tidak hadir, sementara 10 masih dalam pemeriksaan,” katanya dalam keterangannya.

Dia mengatakan, pengawasan lingkungan Covid-19 Malaysia dilakukan sebagai pemantauan tambahan Covid-19 di negara tersebut, lapor Bernama.



Sumber : Bernama/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x