Kompas TV internasional kompas dunia

Tabrakan Helikopter Fatal di Australia, Empat Orang Meninggal Dunia

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 14:14 WIB
tabrakan-helikopter-fatal-di-australia-empat-orang-meninggal-dunia
Terjadi tabrakan dua helikopter di Main Beach, pantai utara Gold Coast, Queensland, Australia, pada Senin (2/1/2023) siang waktu setempat. (Sumber: Gold Coast Bulletin)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

QUEENSLAND, KOMPAS.TV - Dua helikopter bertabrakan di atas Main Beach, pantai utara Gold Coast, Queensland, Australia, Senin (2/1/2023) siang waktu setempat.

Media Australia 9 News melaporkan, empat dari 13 korban meninggal dunia akibat insiden ini. Sementara Biro Transportasi dan Keselamatan Australia (ATSB) via sebuah pernyataan menyebut kecelakaan ini fatal.

"ATSB telah memulai penyelidikan keselamatan transportasi atas tabrakan fatal di udara yang melibatkan dua helikopter pada Senin siang," kata Komisaris Utama ATSB Angus Mitchell.

"Penyelidik keselamatan transportasi dengan pengalaman dalam operasi helikopter, pemeliharaan, dan rekayasa kelangsungan hidup, dikerahkan dari kantor ATSB di Brisbane dan Canberra, diperkirakan tiba di TKP pada Senin sore," imbuh dia.


Baca Juga: Pesawat Bermasalah saat Terbang dari LA ke Sydney, Penumpang Dibawa ke Pulau Terpencil

Layanan Ambulans Queensland (QAS) melaporkan, insiden ini terjadi sekitar pukul 13.59 siang waktu setempat.

Sebagaimana diwartakan kantor berita ABCpihak berwenang langsung menutup Seaworld Drive, taman rekreasi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Hannah, saksi yang berada di Sea World saat tabrakan helikopter terjadi, semula mengira insiden itu adalah kecelakaan mobil.

"Kedengarannya seperti tabrakan mobil yang besar, dan kemudian kami mendengar baling-baling helikopter perlahan kian rendah, lalu kami mendengar ledakan besar lainnya," kata Hannah.

"Beberapa orang berhenti dan melihat sekeliling, seperti bertanya 'Apa itu?', lalu semua orang melanjutkan urusan masing-masing," imbuh dia.

Puing helikopter berserakan di lokasi kejadian, sementara helikopter lainnya berhasil mendarat dengan selamat, kata polisi negara bagian Queensland.

Menukil laporan Associated Press, wilayah Gold Coast merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Australia sekaligus tersibuk pada Januari, bertepatan dengan puncak musim liburan di negara itu.

Baca Juga: Separuh Penumpang Pesawat dari China Positif Covid-19 di Milan, Italia Langsung Perketat Pembatasan


 



Sumber : Kompas TV/ABC/9News/AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x