Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Jalan Terjal Paus Benediktus, Paus Umat Katolik Pertama yang Mundur dalam 600 Tahun Terakhir

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 01:05 WIB
kisah-jalan-terjal-paus-benediktus-paus-umat-katolik-pertama-yang-mundur-dalam-600-tahun-terakhir
Mantan Paus Benediktus, yang meninggal hari Sabtu, (31/12/2022) dalam usia 95 tahun, adalah paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. (Sumber: New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

VATIKAN CITY, KOMPAS.TV - Mantan Paus Benediktus, yang meninggal hari Sabtu (31/12/2022) dalam usia 95 tahun, adalah paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri, meninggalkan Gereja Katolik yang dihantam oleh skandal pelecehan seksual, terperosok dalam salah urus dan terpolarisasi antara konservatif dan progresif.

Paus Emeritus Benediktus, paus Jerman pertama dalam 1.000 tahun, punya hubungan baik dengan penggantinya, Paus Fransiskus. Tetapi kehadirannya yang terus berlanjut di Vatikan setelah dia mengundurkan diri pada tahun 2013 semakin mempolarisasi Gereja Katolik secara ideologis.

Kaum konservatif yang khawatir dengan gerakan progresif Paus Fransiskus memandang Paus Emeritus Benediktus sebagai penjaga tradisi. Beberapa kali dia harus memberi tahu pengagum nostalgia, "Ada satu paus, dan itu adalah Fransiskus."

Paus Emeritus Benediktus adalah seorang profesor pemain piano dan teolog yang tangguh. Paus Emeritus Benediktus menurut pengakuannya sendiri adalah seorang pemimpin yang lemah yang berjuang untuk memaksakan dirinya pada birokrasi Vatikan yang buram dan tersandung dari krisis ke krisis selama delapan tahun pemerintahannya.

Paus Emeritus Benediktus berulang kali meminta maaf atas kegagalan Gereja untuk membasmi pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pendeta. Dan meskipun dia adalah paus pertama yang mengambil tindakan serius terhadap pelecehan, upaya tersebut gagal menghentikan penurunan pesat kehadiran gereja di Barat, khususnya di Eropa.

Pada tahun 2022, sebuah laporan independen di negara asalnya Jerman menuduh Paus Emeritus Benediktus gagal mengambil tindakan dalam empat kasus pelecehan ketika dia menjadi Uskup Agung Munich antara tahun 1977-1982.

Baca Juga: Berita Duka, Paus Benediktus XVI Meninggal di Usia 95 Tahun

Terguncang oleh laporan tersebut, dia mengakui dalam sebuah surat pribadi yang emosional bahwa telah terjadi kesalahan dan meminta maaf. Pengacaranya berargumen dalam sanggahan mendetail bahwa dia tidak bersalah secara langsung.

Kelompok korban mengatakan bahwa tanggapan yang dibuat itu menyia-nyiakan kesempatan dari skandal yang mengguncang Gereja di seluruh dunia.

Paus Emeritus Benediktus dikenang karena mengejutkan dunia pada 11 Februari 2013, ketika dia mengumumkan dalam bahasa Latin bahwa dia mengundurkan diri, mengatakan kepada para kardinal bahwa dia terlalu tua dan lemah untuk memimpin sebuah institusi dengan lebih dari 1,3 miliar anggota.

Itu akan selalu sulit setelah pendahulunya yang karismatik, Paus Yohanes Paulus II, meninggal pada tahun 2005, dan Paus Emeritus Benediktus mengakui kesulitan dalam perpisahan yang emosional.

“Ada saat-saat kegembiraan dan terang, tetapi juga saat-saat yang tidak mudah… Ada saat-saat… ketika laut bergejolak dan angin bertiup melawan kita dan sepertinya Tuhan sedang tidur,” kata Paus Emeritus Benediktus audiensi umum terakhirnya, pertemuan lebih dari 150.000 orang.

Takhta Santo Petrus dinyatakan kosong pada 28 Februari 2013, ketika Paus Emeritus Benediktus bertempat tinggal di retret musim panas kepausan di Castelgandolfo, selatan Roma, sementara para kardinal dari seluruh dunia berkumpul di Vatikan untuk memilih penggantinya.

Baca Juga: Profil Paus Benediktus XVI yang Baru Meninggal, Pengunduran Dirinya Bersejarah

Mantan Paus Benediktus, yang meninggal hari Sabtu, (31/12/2022) dalam usia 95 tahun, adalah paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri (Sumber: Straits Times)

Paus Emeritus

Sebelum dia secara resmi mengundurkan diri, Paus Emeritus Benediktus dan para pembantunya secara sepihak memilih gelar "paus emeritus" dan memutuskan dia akan terus mengenakan jubah putih, meskipun sedikit dimodifikasi.

Beberapa orang di Gereja menolak keras, dengan mengatakan dia membiarkan tangan penggantinya terikat. Mereka mengatakan dia seharusnya kembali menjadi kardinal atau pendeta berpakaian merah atau hitam.

Setelah pemilihan Paus Fransiskus pada 13 Maret, Paus Emeritus Benediktus pindah ke sebuah biara yang diubah di Vatikan untuk menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dalam doa, membaca, bermain piano, dan menerima teman.

Dia jarang muncul di depan umum, biasanya untuk upacara besar Gereja, meskipun dia melakukan kunjungan emosional pada Juni 2020 ke kakak laki-lakinya yang sakit, Georg, seorang pendeta, di Bavaria. Georg meninggal tak lama kemudian, pada usia 96 tahun.

Meskipun dia mengatakan dia akan tetap "tersembunyi dari dunia", Paus Emeritus Benediktus tidak memenuhi janji itu dan saat pensiun terkadang menimbulkan kontroversi dan kebingungan melalui tulisannya.

Dalam sebuah esai untuk majalah Gereja di Jerman pada tahun 2019, dia menyalahkan krisis atas pelecehan anak-anak oleh para pendeta sebagai akibat dari revolusi seksual tahun 1960-an, yang dia sebut klik homoseksual di seminari dan keruntuhan moralitas secara umum.

Baca Juga: Kabar Duka Dunia, Paus Emeritus Bennedict XVI Meninggal Dunia di Vatikan

Uskup Ratzinger saat itu bersama Paus Yohannes Paulus II. (Sumber: Straits Times)

Kritikus menuduhnya mencoba mengalihkan kesalahan dari hierarki Gereja institusional. Tapi itu adalah musik di telinga kaum konservatif, yang mendukung pembelaannya.

Kebingungan atas peran Paus Emeritus Benediktus memuncak pada Januari 2020 atas sejauh mana keterlibatannya dalam sebuah buku yang ditulis oleh seorang kardinal konservatif yang dilihat beberapa orang sebagai upaya untuk memengaruhi dokumen yang sedang disiapkan Paus Fransiskus.

Itu menyebabkan Paus Fransiskus memecat Uskup Agung Georg Ganswein, sekretaris Paus Emeritus Benediktus, dari pekerjaan puncak Vatikan.

Peran Uskup Agung Ganswein sebagai perantara antara Paus Emeritus Benediktus dan kardinal tidak jelas, banyak yang percaya dia telah menyesatkan Paus Emeritus Benediktus, kardinal, atau keduanya.

Episode itu membawa seruan dari beberapa pejabat Vatikan untuk aturan yang jelas tentang status paus yang mengundurkan diri.

Paus Fransiskus mengatakan dia lebih suka gelar Uskup Emeritus Roma, seperti yang disarankan oleh beberapa orang, jika suatu hari dia mengundurkan diri. Dia juga mengatakan dia tidak akan tinggal di Vatikan tetapi di rumah pensiunan imam di Roma.

Seorang konservatif tanpa kompromi dalam masalah sosial dan teologis, Paus Emeritus Benediktus secara harfiah menyelubungi dirinya dalam tradisi selama masa kepausannya, sering kali mengenakan jubah berpotongan bulu dan sepatu merah dalam penampilan publiknya - sangat kontras dengan gaya yang lebih rendah hati dan membumi dari penerusnya.

Baca Juga: Keuskupan Agung Jakarta Bakal Adakan Misa Khusus untuk Paus Benediktus XVI

Mantan Paus Benediktus, yang meninggal hari Sabtu, (31/12/2022) dalam usia 95 tahun, adalah paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri (Sumber: Straits Times)

Dia memusuhi Muslim dengan menunjukkan bahwa Islam pada dasarnya adalah kekerasan dan membuat marah orang Yahudi dengan merehabilitasi seorang penyangkal Holocaust. Kesalahan dan kesalahan langkah memuncak pada tahun 2012, ketika dokumen yang bocor mengungkapkan korupsi, intrik, dan perseteruan di dalam Vatikan.

Kasus "Vatileaks" mengakibatkan penangkapan kepala pelayannya, Paolo Gabriele, yang dihukum karena memberikan dokumen rahasia kepada seorang jurnalis. Paus Emeritus Benediktus kemudian memaafkannya. Gabriele diberi pekerjaan di rumah sakit milik Vatikan dan meninggal pada tahun 2020.

Media berspekulasi bahwa saga tersebut, yang mengungkapkan dugaan lobi pendeta gay yang beroperasi melawan paus, mungkin telah menekannya untuk mengundurkan diri.

Paus Emeritus Benediktus bersikeras dia mundur karena dia tidak dapat lagi menanggung beban penuh kepausan, termasuk perjalanan internasional yang melelahkan yang dituntut oleh pekerjaan itu.

Dalam wawancara sepanjang buku yang diterbitkan pada tahun 2016, dia mengakui kekurangannya, tetapi tidak menganggap kepausannya sebagai sebuah kegagalan.

“Salah satu kelemahan saya mungkin adalah kurangnya tekad dalam mengatur dan mengambil keputusan. Pada kenyataannya saya lebih dari seorang profesor, orang yang merenungkan dan merenungkan pertanyaan-pertanyaan rohani,” kata Paus Emeritus Benediktus dalam buku “Perjanjian Terakhir” oleh jurnalis Jerman Peter Seewald.

“Pemerintah praktis bukanlah kekuatan saya dan itu tentu saja merupakan kelemahan. Tapi saya tidak bisa melihat diri saya sebagai orang yang gagal.”

Baca Juga: Kabar Duka, Paus Emeritus Bennedict XVI Meninggal Dunia di Vatikan

Penjaga Tuhan

Ia dilahirkan sebagai Joseph Aloisius Ratzinger pada 16 April 1927, di desa Marktl, Jerman selatan, dekat Austria.




Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x