Kompas TV internasional kompas dunia

Kanker Makin Berkembang, Ini Kondisi Pele Sejak Satu Bulan Dirawat di Rumah Sakit

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 07:58 WIB
kanker-makin-berkembang-ini-kondisi-pele-sejak-satu-bulan-dirawat-di-rumah-sakit
Legenda sepak bola Brasil, Pele (kanan) berfoto bersama putrinya, Kely Nacimento, saat menjalani perawatan di rumah sakit pada September 2021 lalu. Kini Pele kembali dirawat di rumah sakit sejak 29 November 2022 dan belum menunjukkan tanda-tanda akan membaik. (Sumber: TWITTER.COM/MIRRORFOOTBALL)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

SAO PAULO, KOMPAS.TV – Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, telah dirawat di rumah sakit selama satu bulan. Sayangnya, hingga kini kondisinya belum juga menunjukkan tanda-tanda akan membaik.

Salah satu putri Pele, Kely Nascimento, mengatakan bahwa dia dan keluarganya mengalami saat-saat sedih dan putus asa ketika Pele yang berusia 82 tahun dirawat selama satu bulan di rumah sakit.

Menurutnya, kanker yang diderita Pele telah berkembang dan dokter di Rumah Sakit Albert Einstein mengatakan Pele juga mengalami permasalahan ginjal dan jantung.

Pele dirawat di fasilitas Sao Paulo pada 29 November 2022 lalu. Sejak seminggu terakhir, pihak rumah sakit belum memberikan keterangan tentang perkembangan terbaru dari kondisi Pele.

Baca Juga: Ini Penyebab Penyakit Kanker Usus yang Menyerang Pele

“Momen-momen ini sulit untuk dijelaskan. Terkadang banyak kesedihan dan keputusasaan, di saat lain kami tertawa dan berbicara tentang kenangan yang menyenangkan," kata Kely di Instagram.

Seperti dikutip dari The Associated Press, anggota keluarga lainnya saat ini juga telah berada di rumah sakit.

“Dan yang paling kita pelajari dari semua ini adalah bahwa kita harus saling mencari, saling menggenggam erat. Itulah satu-satunya cara (melewatinya). Semua orang bersama-sama,” tulisnya.

Salah satu putra Pele, Edson Cholbi Nascimento, yang dikenal sebagai Edinho, berkunjung pada Sabtu (24/12) tetapi kembali pada Selasa (27/12) ke kota Brasil selatan tempat dia bekerja sebagai pelatih sepak bola. Dia belum berbicara dengan wartawan sejak dia meninggalkan Sao Paulo.

Baca Juga: Kanker Pele Semakin Parah, Keluarga Memutuskan Habiskan Natal di Rumah Sakit

Seperti diketahui, Edson Arantes do Nascimento, yang secara global dikenal sebagai Pele, menjalani pengangkatan tumor usus besar pada September 2021. Baik keluarganya maupun rumah sakit tidak menyebutkan apakah tumor itu telah menyebar ke organ lain.

Surat kabar Folha de S.Paulo melaporkan akhir pekan lalu bahwa kemoterapi Pele tidak berhasil dan dokter telah memutuskan untuk memberinya perawatan paliatif. Keluarga Pele membantah laporan itu.


 

Pele memimpin Brasil meraih kemenangan dalam Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970 dan tetap menjadi salah satu pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 77 gol.

Beberapa penghormatan dan harapan lekas sembuh dilontarkan untuk mantan pesepakbola itu selama Piala Dunia Qatar yang dimenangkan oleh Argentina.
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x