Kompas TV internasional kompas dunia

Duduk Perkara Bentrok Tentara China vs India di Perbatasan: Rebutan Wilayah Bekas Perang 1962

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 20:30 WIB
duduk-perkara-bentrok-tentara-china-vs-india-di-perbatasan-rebutan-wilayah-bekas-perang-1962
Ilustrasi. Tentara China saat berlatih dalam suhu -20 derajat Celcius di Kashgar, Daerah Otonomi Uighur, Xinjiang, China, Senin, 4 Januari 2021.  (Sumber: AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Tentara China dan India dilaporkan terlibat bentrok pada pekan lalu. Pada Selasa (13/12/2022), Kementerian Pertahanan India menyebut pihak tentara China memulai insiden kekerasan ini lebih dulu dengan "merangsek ke wilayah India."

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh menyebut tentara China berusaha "mengubah status quo secara sepihak". Kedua pihak berebut perbatasan yang disengketakan di dekat Sungai Yangtze.

Insiden serupa pernah terjadi pada Juni 2020 silam. Waktu itu, tentara China dan India terlibat tawuran mematikan dengan pentungan, batu, dan baku pukul.

Associated Press melaporkan, kata Singh, tidak ada tentara India yang mengalami luka serius akibat insiden kekerasan ini. Kedua pihak pun disebut segera menarik diri dari perbatasan sengketa.

Baca Juga: Bocah di India Jatuh ke Dalam Sumur Sedalam 122 Meter, Penyelamatannya Berpacu dengan Waktu

Sementara itu, tentara China juga dilaporkan sekadar mengalami luka ringan. Komandan masing-masing pihak pun telah bertemu pada Minggu (11/12) untuk membereskan perselisihan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin enggan menjabarkan detail mengenai insiden ini. Wang sebatas menyampaikan harapan agar New Delhi berkomitman menjaga "perdamaian dan ketenteraman" di kawasan perbatasan.

"Sejauh pengertian kami, situasi terkini di perbatasan China-India secara keseluruhan damai dan stabil," kata Wang.

Duduk perkara bentrokan tentara China vs India

Bentrokan antartentara pada pekan lalu tersebut terjadi di kawasan perbatasan Garis Kontrol Aktual (LAC). Garis ini merupakan demarkasi yang secara longgar memisahkan China dan India, merentang dari Ladakh di barat hingga negara bagian Arunachal Pradesh, timur India.

Beijing mengeklaim kawasan perbatasan itu sebagai wilayahnya. China dan India sendiri pernah berperang memperebutkan perbatasan ini pada 1962 silam.

Beberapa tahun belakangan, baik tentara China atau India rutin berpatroli di sepanjang garis demarkasi. Kedua pihak kerap terlibat kontak dan saling tuduh ingin menyusup ke wilayah masing-masing.

Bentrokan berdarah antara tentara China dan India terjadi di LAC pada Juni 2020 lalu. Tawuran yang pecah di Lembah Galwan, kawasan Pegunungan Karakoram ini menewaskan setidaknya 20 tentara India dan China. Para tentara dipentungi atau dipukuli hingga mati.

China dan India sendiri menugaskan ribuan tentara di LAC. Personel militer didukung dengan perlengkapan seperti artileri, tank, dan jet tempur yang siap siaga.

Baca Juga: Tingkatkan Kerja Sama dengan China, Menlu Saudi: Bukan Berarti Kami Tak Mau Kerja Sama dengan AS


 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x