Kompas TV internasional kompas dunia

Hotel di Kabul Afghanistan Diserang, Taliban: Tiga Pelaku Tewas

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 22:05 WIB
hotel-di-kabul-afghanistan-diserang-taliban-tiga-pelaku-tewas
Asap membubung dari gedung sebuah hotel setelah terjadi sejumlah ledakan dan tembakan di Kabul, Afghanistan, Senin, 12 Desember 2022. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV - Sebuah hotel yang melayani warga negara asing di Kabul, Afghanistan, diserang pada Senin (12/12/2022). Seorang pejabat Taliban mengatakan, tiga pelaku penyerangan tewas.

Juru bicara pemerintahan Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan, dua warga negara asing terluka setelah melompat keluar dari jendela hotel untuk menyelamatkan diri.

Warga melaporkan terjadinya ledakan dan baku tembak. Sementara foto dan video yang tersebar di media sosial memperlihatkan asap yang membubung dari gedung hotel tersebut.

Rumah Sakit Darurat di Kabul mengatakan lewat sebuah cuitan bahwa terjadi ledakan dan baku tembak di dekat hotel yang berjarak sekitar satu kilometer dari sana.

"Sejauh ini, kami telah menerima 21 korban, tiga sudah meninggal saat tiba," bunyi cuitan rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Disaksikan Ratusan Orang, Taliban Gelar Eksekusi Mati Terbuka Pertama Sejak Berkuasa

Adapun juru bicara yang ditunjuk Taliban untuk kepala kepolisian Kabul, Khalid Zadran, mengatakan serangan terjadi selama beberapa jam. Dia mengatakan operasi "pembersihan" tengah berlangsung.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Tetapi kelompok regional yang terafiliasi dengan ISIS, dikenal dengan nama Negara Islam di Provinsi Khorasan yang juga saingan Taliban, telah meningkatkan serangan-serangannya sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada tahun lalu.

Seorang warga di daerah Shar-e Naw, lokasi terjadinya serangan, mengatakan kepada The Associated Press, dia mendengar sejumlah ledakan dan beberapa tembakan.

Dia tidak bersedia namanya dikutip karena khawatir dengan pembalasan dari Taliban.

Baca Juga: Kemlu: Indonesia Belum Mengakui Taliban secara Resmi

Warga Shar-e Naw lainnya mengatakan kepada AP, baku tembak sempat terjadi.

Dia dan keluarganya, kata warga tersebut, berlindung di dalam rumah mereka yang hanya berjarak tiga blok dari lokasi serangan. Dia juga tidak bersedia namanya dikutip.

Sementara juru bicara kepala kepolisian Kabul mengatakan, pasukan Taliban langsung bergerak ke lokasi serangan dan memblokir seluruh jalan menuju tempat kejadian.


 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x