Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang KTT G20, Menkeu AS Ungkap Cara Terbaik Akhiri Gejolak Ekonomi Global: Akhiri Perang Ukraina

Kompas.tv - 14 November 2022, 15:07 WIB
jelang-ktt-g20-menkeu-as-ungkap-cara-terbaik-akhiri-gejolak-ekonomi-global-akhiri-perang-ukraina
Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen di sela rangkaian acara 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors G20 di Bali beberapa waktu lalu. Pada Senin (14/11/2022), Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyatakan mengakhiri perang di Ukraina sebagai cara terbaik untuk mengakhiri gejolak ekonomi dunia. (Sumber: Kementerian Keuangan via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

BALI, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen menyatakan bahwa cara terbaik untuk mengakhiri gejolak ekonomi global yang ada saat ini adalah dengan mengakhiri perang di Ukraina. Hal tersebut disampaikan Yellen ketika bertemu dengan sejawatnya asal Prancis, Bruno Le Maire jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Selain penting untuk memperbaiki ekonomi dunia, Yellen menyebut mengakhiri agresi Rusia ke Ukraina yang dilangsungkan sejak 24 Februari lalu sebagai keharusan moral.

"Mengakhiri perang Rusia adalah keharusan moral dan satu-satunya hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk ekonomi global," kata Yellen dikutip AFP via Kompas.com.

Baca Juga: Erdogan Tiba di Bali untuk KTT G20, Beberapa Jam Usai Kecam Ledakan Bom di Istanbul

KTT G20 yang akan berlangsung tanggal 15-16 November digelar di tengah perang Rusia-Ukraina yang berdampak secara global. Partisipasi Rusia dalam forum sempat menjadi kontroversi di kalangan negara-negara Barat.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengonfirmasi tidak akan hadir secara langsung di Bali. Sebagai gantinya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan mengepalai delegasi Federasi Rusia di KTT G20.

Absennya Putin mengakhiri spekulasi mengenai kehadirannya yang telah berlangsung berbulan-bulan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebelumnya mengaku tidak akan berpartisipasi di KTT G20 jika Putin hadir. Zelenskyy akan berbicara di forum G20 secara virtual.

Di lain sisi, persiapan KTT G20 telah hampir selesai sehari menjelang konferensi. Sejumlah pemimpin pun telah mendarat di Bali sejak Minggu (13/11). Presiden AS Joe Biden telah mendarat di Bali pada Minggu (13/11) malam.
 


 

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Kehadiran Presiden Amerika Serikat Joe Biden di KTT G20 Bali



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x