Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Jatuh ke Danau Terbesar di Arfika: 19 Orang Tewas, 24 Selamat

Kompas.tv - 7 November 2022, 05:08 WIB
pesawat-jatuh-ke-danau-terbesar-di-arfika-19-orang-tewas-24-selamat
Pesawat komersil milik Precision Air jatuh di Danau Victoria, Tanzania, pada Minggu (06/11/2022) pagi waktu setempat. (Sumber: BBC)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

NAIROBI, KOMPAS.TV - Pesawat komersil milik perusahaan penerbangan asal Tanzania Precision Air jatuh di Danau Victoria pada Minggu (06/11/2022), sekitar pukul 08.50 pagi waktu setempat.

Laporan awal menyebut 3 orang tewas, tetapi Perdana Menteri Kassim Majaliwa dalam keterangan terbaru menyampaikan korban jiwa bertambah jadi  19 orang.

Komandan Polisi Provinsi Kagera William Mwampaghale mengatakan, "Kami telah berhasil menyelamatkan cukup banyak orang."

Menukil Associated Press, William menyebut kecelakaan ini terjadi akibat faktor cuaca.

"Ketika pesawat berada di ketinggian sekitar 100 meter (328 kaki), pesawat mengalami masalah akibat cuaca buruk. Saat itu hujan dan pesawat jatuh ke air," terangnya.

Baca Juga: Daftar Negara dengan Polisi Terbaik dan Terburuk di Dunia, Ada Indonesia yang Masuk 5 Besar

Lokasi jatuhnya pesawat milik Precision Air itu tak jauh dari bandara. Abdul Nuri, saksi kejadian, sedang berada di bandara ketika melihat pesawat itu jatuh ke danau terbesar di Afrika.

"Kami benar-benar kaget. Orang-orang panik, beberapa mulai menangis dan berteriak. Di gerbang kedatangan, orang-orang juga panik," terang Nuri pada BBC.

Foto-foto yang beredar menunjukkan pesawat tengah dievakuasi menuju ke tepi. Sebagian badan pesawat bagian bawah terpantau berada di dalam air.

Baca Juga: AS Lancarkan Serangan Udara untuk Berantas Al-Shabab: Ini Permintaan Somalia


 



Sumber : AP/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x