Kompas TV internasional kompas dunia

Jet Tempur AS Membentuk Pola Seperti Kemaluan Pria di Atas Pengkalan Rusia, Berdalih Tak Disengaja

Kompas.tv - 6 November 2022, 12:32 WIB
jet-tempur-as-membentuk-pola-seperti-kemaluan-pria-di-atas-pengkalan-rusia-berdalih-tak-disengaja
Pola jet tempur AS membentuk pola kemaluan pria di atas pangkalan Rusia di Suriah, Rabu (2/11/2022). (Sumber: @Maks_NAFO_FELLA Via Daily Star)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Militer Amerika Serikat (AS) buka suara terkait pergerakan jet tempur mereka yang membentuk pola seperti kemaluan pria di atas pangkalan Rusia.

Mereka mengungkapkan bahwa itu tak disengaja terjadi, setelah sebelumnya diyakini sebagai usaha untuk mempermalukan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut pejabat militer AS, pola penerbangan tak biasa yang dilakukan seorang pilot Angkatan Udara (AU) sebagai sebuah kesalahan.

Para penggemar penerbangan melihat tanda-tanda yang tak biasa yang ditinggalkan oleh pergerakan dari jet tanker AS KC-135 di atas pangkalan Rusia di Tartus, Suriah, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga: Putin Kirim 30 Kuda Ras Terkenal ke Kim Jong-Un, Disebut Bayaran Bantu Perang Rusia di Ukraina

Pesawat itu bergerak melingkar di atas perairan yang menghubungkan Cyrus dan Lebanon, membentuk oval sebelum membuat dua lingkaran kecil di dasarnya.

Menurut FlightRadar24, pesawat menciptakan bentuk seperti kemaluan pria saat menyelesaikan pola tersebut dengan memutar kembali ke atas untuk terakhir kalinya.

“KC-135 Stratontanker (RAKE71) yang beroperasi di Mediterania Timur disesuaikan antara beberapa jalur penerbangan yang berbeda selama misi,” tutur Juru Bicara USAFE, Kapten Ryan Goss dikutip dari Daily Star.


 

“Sementara penyesuaian dan gerakan ini tampak membuat garis besar yang vulgar, tidak ada niat dari pilot atau unit untuk melakukannya,” sambungnya.

Baca Juga: Partai Republik akan Bikin Sejarah, Bakal Miliki Senator Muslim Pertama di AS

Juru Bicara Komando Mobilitas Udara, Kolonel AU Damien Pickart, mengungkapkan badan tersebut telah bertanya kepada kru pesawat terkait detail lebih jauh.

Ia pun membela timnya dan mengetakan dirinya tak percaya mereka telah melakukan aksi yang tak sopan secara sengaja.

Ini bukan pertama kalinya pola seperti kemaluan pria dibuat oleh pesawat di angkasa.

Sepasang pilot Angkatan Laut AS sengaja membuat pol aitu di atas Washington pada 2017, karena menurut mereka itu luar biasa.




Sumber : Daily Star


BERITA LAINNYA



Close Ads x