Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Situs Arkeologi Diduga Biara Kristen dari Zaman Pra-Islam Ditemukan di Uni Emirat Arab

Kompas.tv - 4 November 2022, 06:30 WIB
terungkap-situs-arkeologi-diduga-biara-kristen-dari-zaman-pra-islam-ditemukan-di-uni-emirat-arab
Sebuah biara Kristen kuno ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai Uni Emirat Arab, diduga berasal dari masa sebelum penyebaran Islam di Semenanjung Arab, kata para pejabat Uni Emirat Arab, Kamis (3/11/2022). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

PULAU SINIYAH, KOMPAS.TV — Sebuah biara Kristen kuno ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA). Biara kuno itu diduga berasal dari masa sebelum penyebaran Islam di Semenanjung Arab, kata para pejabat Uni Emirat Arab, Kamis (3/11/2022), seperti laporan Associated Press.

Biara di Pulau Siniyah, bagian dari gundukan pasir Umm al-Quwain, menyoroti sejarah Kekristenan awal di sepanjang pantai Teluk Persia.

Ini merupakan lokasi arkeologi biara kedua yang ditemukan di UEA sejak 1.400 tahun yang lalu, jauh sebelum hamparan gurunnya melahirkan industri minyak yang berkembang pesat, dan kini menjadi negara bersatu Uni Emirat Arab.

Kedua biara itu hilang dari sejarah, tertelan pasir waktu karena para sarjana percaya orang Kristen perlahan-lahan masuk Islam karena iman itu tumbuh lebih umum di wilayah tersebut.

Saat ini, umat Kristen tetap menjadi minoritas di Timur Tengah yang lebih luas, meskipun Paus Fransiskus tiba di Bahrain pada Kamis untuk mempromosikan dialog antaragama dengan para pemimpin Muslim.

Bagi Timothy Power, profesor arkeologi di Universitas Uni Emirat Arab yang membantu menyelidiki biara yang baru ditemukan, UEA saat ini adalah tempat "peleburan bangsa-bangsa."

"Fakta bahwa hal serupa terjadi di sini 1.000 tahun yang lalu benar-benar luar biasa, dan ini adalah kisah yang pantas untuk diceritakan," katanya.

Biara itu terletak di Pulau Siniyah, yang melindungi rawa-rawa Khor al-Beida di Umm al-Quwain, sebuah emirat sekitar 50 kilometer timur laut Dubai di sepanjang pantai Teluk Persia.

Baca Juga: Temuan Arkeologi Langka di Suriah, Lantai Mosaik Dewa Dewi Yunani Zaman Romawi

Sebuah biara Kristen kuno ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai Uni Emirat Arab, diduga berasal dari masa sebelum penyebaran Islam di Semenanjung Arab kata para pejabat Uni Emirat Arab hari Kamis, (3/11/2022) (Sumber: AP Photo)

Pulau, yang namanya berarti "lampu berkedip" kemungkinan karena efek putih panas matahari di atas kepala, punya serangkaian gundukan pasir yang keluar seperti jari-jari yang bengkok. Di salah satu gundukan pasir dan batu ke timur laut pulau itu, para arkeolog menemukan sisa-sisa biara tersebut.

Penanggalan karbon dari sampel yang ditemukan di fondasi biara bertanggal antara 534 dan 656 Masehi. Muhammad SAW lahir sekitar tahun 570 dan meninggal tahun 632 masehi.

Dilihat dari atas, biara di denah Pulau Siniyah menunjukkan umat Kristen awal berdoa di dalam gereja lorong tunggal di biara.

Kamar-kamar di dalamnya tampaknya memiliki tempat pembaptisan, serta oven untuk memanggang roti atau wafer untuk upacara komuni. Sebuah nave atau bagian tengah gereja juga kemungkinan memiliki altar dan instalasi untuk anggur persekutuan.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x