Kompas TV internasional kompas dunia

Lima Ekor Singa Kabur dari Kandangnya di Kebun Binatang Taronga Australia, Sempat Bikin Panik!

Kompas.tv - 3 November 2022, 01:05 WIB
lima-ekor-singa-kabur-dari-kandangnya-di-kebun-binatang-taronga-australia-sempat-bikin-panik
Singa Uganda terkenal jago memanjat pohon, tidak seperti singa Afrika lain. (Sumber: ABC News/Sarah Mullins)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SYDNEY, KOMPAS.TV - Lima ekor Singa kabur dari kandangnya, menimbulkan kepanikan dan situasi gawat di Kebun Binatang Taronga atau Taronga Zoo di Sydney Australia, seperti laporan Anadolu, Rabu (2/11/2022).

Menurut pejabat kebun binatang, seekor singa dewasa dan empat anaknya terlihat berada di luar kandang utama mereka.

"Singa-singa itu dipantau di area kecil dekat kandang utama itu, di mana pagar setinggi enam kaki membatasi mereka dari tempat lain di kebun binatang tersebut," kata Kebun Binatang Taronga dalam pernyataannya.

"Semua orang yang berada di lokasi dievakuasi ke zona aman. Empat singa dengan tenang kembali ke kandangnya dan satu anak singa lainnya berhasil dibius. Anak singa itu kini sudah siuman dan kondisinya sehat," katanya.

Menurut laporan awal, pagar pembatas bermasalah dan memungkinkan lima singa keluar dari kandang utama, tetapi situasi tersebut sudah terkendali dalam hitungan menit.

"Ini kejadian penting, dan tinjauan komprehensif untuk memastikan bagaimana kawanan singa itu dapat keluar dari kandang mereka kini masih berlangsung," tulis pernyataan tersebut.

Menurut laporan ABC Australia, Kebun Binatang Taronga Sydney menyalahkan "masalah integritas" pagar penahan yang jadi penyebab kaburnya lima singa dari kandang mereka pagi ini.

Baca Juga: Tragis! Singa Ganas Mangsa Balita di India, Hanya Sedikit Bagian Tubuh yang Tersisa

Singa Uganda terkenal jago memanjat pohon, tidak seperti singa Afrika lain. (Sumber: Tesni Ward/Biosphoto via AFP)

Sebuah laporan juga sedang disiapkan untuk Departemen Industri Primer New South Wales setelah "insiden signifikan" yang mengakibatkan staf dan pengunjung dikirim ke "zona aman".

"Tinjauan awal insiden pagi ini telah mengonfirmasi bahwa masalah integritas dengan pagar penahan memungkinkan lima singa untuk sementara keluar dari kandang utama mereka," kata kebun binatang dalam sebuah pernyataan.

"Penjaga dan dokter hewan melaporkan semua singa baik-baik saja."

Polisi dipanggil ke kompleks Mosman yang luas sekitar pukul 7 pagi setelah apa yang digambarkan kebun binatang sebagai "situasi darurat" yang melibatkan satu singa dan empat anaknya.

Direktur eksekutif Kebun Binatang Taronga, Simon Duffy, mengatakan kandang singa punya dua pagar penahan, dan hewan-hewan itu telah melanggar salah satunya.

"Kami tidak punya detail pasti tentang bagaimana dan mengapa itu terjadi, tetapi saya akan mengingatkan semua orang bahwa Kebun Binatang Taronga sendiri memiliki pagar pembatas keamanannya sendiri sehingga singa tidak pernah keluar dari area itu atau keluar dari Kebun Binatang Taronga."


 



Sumber : Kompas TV/Antara/ABC News


BERITA LAINNYA



Close Ads x