Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Gawat, Korea Utara dan Selatan Saling Beri Tembakan Peringatan di Perbatasan Laut

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 10:38 WIB
makin-gawat-korea-utara-dan-selatan-saling-beri-tembakan-peringatan-di-perbatasan-laut
Makin gawat, Korea Utara dan Korea Selatan bertukar tembakan peringatan di sepanjang perbatasan laut barat yang disengketakan pada hari Senin, (24/10/2022) kata militer masing-masing negara (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV — Makin membara, Korea Utara dan Korea Selatan bertukar tembakan peringatan di sepanjang perbatasan laut barat yang disengketakan pada hari Senin, (24/10/2022) kata militer masing-masing negara seperti laporan Associated Press, di tengah meningkatnya permusuhan atas rentetan uji senjata Korea Utara baru-baru ini.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa angkatan lautnya menyiarkan peringatan dan melepaskan tembakan peringatan untuk mengusir kapal dagang Korea Utara yang dikatakan melanggar batas laut hari Senin pagi.

Militer Korea Utara mengatakan unit pertahanan pantainya menanggapi dengan menembakkan 10 tembakan peringatan artileri ke arah perairan teritorialnya, di mana "gerakan musuh angkatan laut terdeteksi."

Mereka menuduh kapal angkatan laut Korea Selatan menyusup ke perairan Korea Utara dengan dalih menindak kapal tak dikenal.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan penembakan artileri Korea Utara melanggar kesepakatan antar-Korea 2018 tentang mengurangi permusuhan militer dan merusak stabilitas di Semenanjung Korea.

Dikatakan bahwa peluru Korea Utara tidak mendarat di perairan Korea Selatan tetapi Korea Selatan meningkatkan kesiapan militernya.

Tidak ada laporan bentrokan, tetapi batas laut yang ditandai dengan buruk di lepas pantai barat Semenanjung Korea adalah sumber permusuhan lama antara kedua Korea.

Ini adalah adegan dari beberapa pertempuran dan kekerasan angkatan laut antar-Korea yang berdarah dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penembakan Korea Utara terhadap sebuah pulau Korea Selatan dan dugaan torpedo kapal angkatan laut Korea Selatan yang menewaskan 50 orang pada tahun 2010.

Baca Juga: Dilaporkan Ada Ancaman Kudeta, Polisi Korea Utara Tingkatkan Keamanan untuk Lindungi Kim Jong-Un

Korea Utara dan Korea Selatan bertukar tembakan peringatan di sepanjang perbatasan laut barat yang disengketakan pada hari Senin, (24/10/2022) kata militer masing-masing negara (Sumber: AP Photo)

Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara melakukan serangkaian tes senjata sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai latihan militer gabungan yang provokatif antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Beberapa pengamat mengatakan Korea Utara dapat memperpanjang serentetan uji senjata atau meluncurkan provokasi di dekat perbatasan laut barat ketika militer Korea Selatan dan AS melanjutkan latihan militer gabungan mereka.

Washington dan Seoul mengurangi atau membatalkan latihan reguler mereka dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung diplomasi nuklir mereka yang sekarang tidak aktif bahkan mandek dengan Korea Utara atau untuk menjaga dari pandemi Covid-19.

Tetapi sekutu menghidupkan kembali atau memperluas latihan militer sejak pelantikan bulan Mei oleh Presiden Korea Selatan yang konservatif, Yoon Suk Yeol, yang bersumpah akan bersikap lebih keras terhadap provokasi Korea Utara.

Dalam pernyataannya pada hari Senin, (34/10/2022) Staf Umum Tentara Rakyat Korea Utara menuduh Korea Selatan memprovokasi permusuhan di dekat perbatasan darat mereka dengan tes artileri dan siaran pengeras suara propagandanya sendiri.

Korea Selatan mengkonfirmasi mereka melakukan penembakan artileri minggu lalu sebagai bagian dari latihan militer regulernya, tetapi tidak segera menanggapi klaim Korea Utara tentang siaran pengeras suara.

"Staf Umum KPA sekali lagi mengirimkan peringatan serius kepada musuh yang bahkan melakukan intrusi angkatan laut setelah provokasi seperti penembakan artileri baru-baru ini dan pengeras suara yang disiarkan di front darat," kata pernyataan Korea Utara.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x