Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Riwayat Karir dan Kebijakan Presiden China Xi Jinping menurut Media Barat

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 18:01 WIB
inilah-riwayat-karir-dan-kebijakan-presiden-china-xi-jinping-menurut-media-barat
Presiden China Xi Jinping kembali terpilih untuk masa jabatan ketiga dan akan menjabat untuk lima tahun ke depan. Inilah riwayat karir dan catatan kebijakan Xi Jinping sebagai presiden China dari teropong media barat Associated Press, Minggu (23/10/2022). (Sumber: AP Photo/Andy Wong)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV — Presiden China Xi Jinping kembali terpilih untuk masa jabatan ketiga dan akan menjabat untuk lima tahun ke depan.

Kongres ke-20 Partai Komunis China pada Minggu (23/10/2022) menghasilkan beberapa keputusan mengejutkan, baik untuk para pesaingnya di Barat maupun untuk berbagai faksi politik di dalam negeri.

Inilah riwayat karir dan catatan kebijakan Xi Jinping sebagai presiden China dari teropong media barat Associated Press, Minggu.

Xi adalah putra seorang pemimpin revolusioner komunis, korban Revolusi Kebudayaan dan pemimpin provinsi pada masa ledakan ekonomi China, sebelum naik meroket ke puncak singgasana kekuasaan satu dekade lalu.

Pada Minggu, Xi Jinping yang berusia 69 tahun itu mengamankan masa jabatan ketiga, membuka jalan baginya untuk tetap berkuasa setidaknya selama lima tahun ke depan dan mungkin lebih lama.

Dalam dekade pertamanya berkuasa, Xi Jinping memperketat kendali negara atas ekonomi dan masyarakat, dan mempromosikan kebijakan luar negeri serta pertahanan yang lebih berotot, sambil memantapkan dirinya sebagai salah satu pemimpin paling kuat dalam sejarah modern Tiongkok.


Baca Juga: Sejarah Baru Tercipta, Xi Jinping Akhirnya Jadi Pemimpin China untuk Periode Ketiga

Pemimpin Partai Komunis Xi Jinping, kanan, saat itu sekretaris Komite Partai Komunis China (CPC) Prefektur Ningde, berpartisipasi dalam pekerjaan pertanian selama penyelidikannya di pedesaan pada tahun 1988. (Sumber: Xinhua via AP)

Tahun-Tahun Awal Xi Jinping

15 Juni 1953: Xi Jinping lahir di Beijing, putra Xi Zhongxun, seorang pejabat senior Partai Komunis dan mantan komandan gerilya dalam perang saudara yang membawa komunis berkuasa pada 1949.

1969-75: Pada usia 15 tahun, Xi termasuk di antara banyak pemuda perkotaan berpendidikan yang dikirim untuk tinggal dan bekerja di desa-desa miskin selama Revolusi Kebudayaan, periode pergolakan sosial yang diluncurkan oleh pemimpin Mao Zedong saat itu.

1975-79: Kembali ke Beijing untuk belajar teknik kimia di Universitas Tsinghua yang bergengsi.

1979-82: Bergabung dengan militer sebagai ajudan di Komisi Militer Pusat dan Kementerian Pertahanan.

Baca Juga: Detik-Detik Eks Presiden China Diseret Keluar Saat Kongres Partai

Pemimpin Partai Komunis Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, pada September 1989. Ketika Xi berkuasa pada 2012, tidak jelas pemimpin seperti apa dia nantinya. (Sumber: Xinhua via AP)

Xi Jinping sebagai Pemimpin Daerah

1982-85: Ditugaskan sebagai wakil dan kemudian pemimpin Partai Komunis di kabupaten Zhengding, selatan Beijing di provinsi Hebei.

1985: Memulai tugas selama 17 tahun di pesisir provinsi Fujian, wilayah pusat manufaktur, sebagai wakil wali kota Xiamen.

1987: Menikah dengan Peng Liyuan, penyanyi populer di grup lagu dan tari Tentara Pembebasan Rakyat. Mereka memiliki satu anak perempuan. Pernikahan Xi Jinping sebelumnya berantakan setelah tiga tahun.

2000-2002: Gubernur provinsi Fujian.

2002: Dipindahkan ke provinsi tetangga Zhejiang, di mana ia ditunjuk sebagai ketua partai tingkat provinsi, sebuah jabatan yang mengungguli gubernur dalam sistem di China.

Maret 2007: Diangkat menjadi ketua partai Shanghai tetapi hanya beberapa bulan.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x