Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Menhan AS Telepon Menhan Rusia dan Ukraina, Apa yang Dibahas?

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 18:54 WIB
menhan-as-telepon-menhan-rusia-dan-ukraina-apa-yang-dibahas
Ilustrasi. Pasukan Ukraina mengendarai kendaraan lapis baja di Oblast Donetsk, 20 Oktober 2022. (Sumber: LIBKOS via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dilaporkan berbicara dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu melalui telepon. Ini adalah pembicaraan pertama kedua menteri pertahanan tersebut sejak 13 Mei 2022.

Associated Press melaporkan, selain Shoigu, Kementerian Pertahanan AS melaporkan Austin juga menelepon Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov, Jumat (20/10/2022).

Baca Juga: Bukan AS atau Ukraina yang Bakal Lengserkan Putin, Intelijen Ukraina Ungkap Kemungkinan Mengejutkan

Sekretaris Pers Pentagon Brigjen Pat Ryder menyatakan bahwa dalam pembicaraan telepon Austin-Shoigu, Menhan AS "menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi (AS-Rusia) di tengah perang yang berlangsung di Ukraina."

Sementara itu, kepada Reznikov, Austin disebut "menegaskan komitmen teguh AS mendukung untuk mendukung tindakan Ukraina melawan agesi Rusia." Austin juga menjamin dukungan komunitas internasional untuk pertahanan Ukraina pada masa mendatang.

Pembicaraan telepon Austin ini dilangsungkan ketika perundingan damai terhenti. Usai Moskow menegaskan tidak akan berunding untuk mengembalikan empat provinsi Ukraina yang dianeksasi, Presiden Volodymyr Zelenskyy menerbitkan dekrit yang melarang negosiasi dengan Rusia selama Vladimir Putin berkuasa.

Meskipun demikian, Kremlin mengeklaim bahwa Putin terbuka untuk perundingan dengan Ukraina "sejak sangat awal." Hal tersebut menanggapi komentar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menyebut Putin lebih lunak dan terbuka untuk negosiasi saat ini daripada sebelumnya.

Baca Juga: Tumben, Menhan Rusia Telepon Menhan AS Bahas Ukraina, Ada Apa?


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x