Kompas TV internasional kompas dunia

Tumben, Menhan Rusia Telepon Menhan AS Bahas Ukraina, Ada Apa?

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 06:30 WIB
tumben-menhan-rusia-telepon-menhan-as-bahas-ukraina-ada-apa
Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu. Shoigu dilaporkan melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Amerika Serikat (AS), Menhan Lloyd Austin, melalui telepon pekan ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu dilaporkan berbicara melalui sambungan telepon dengan mitranya dari Amerika Serikat (AS), Menhan Lloyd Austin. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan lewat Telegram, Jumat (21/10/2022), pembicaraan itu membahas sejumlah topik, termasuk perang di Ukraina.

“Masalah-masalah keamanan internasional saat ini didiskusikan, termasuk situasi di Ukraina,” kata Kementerian Pertahanan Rusia tanpa merinci lebih lanjut, seperti dikutip dari The Moscow Times.

Baca Juga: Usai Rebut Luhansk, Menhan Rusia: ‘Operasi Militer' akan Dilanjutkan hingga Tujuan Putin Tercapai

Pembicaraan telepon itu menandai kontak terkonfirmasi pertama antara petinggi pertahanan Rusia dan AS sejak Mei lalu, dan merupakan kali kedua sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Juru bicara Pentagon menyatakan, Austin mendesak Shoigu untuk tetap membuka ‘jalur komunikasi’ tentang perang di Ukraina. 

“Menhan Austin menekankan pentingnya tetap membuka jalur komunikasi di tengah perang yang tengah berlangsung di Ukraina,” ujar juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder, dalam pernyataannya, menyusul pembicaraan antara menhan kedua negara itu.

Baca Juga: Usai Bertemu Menlu dan Menhan AS di Kiev, Zelensky: Hasil Pertemuan Membesarkan Harapan

Hubungan antara Moskow dan Washington tenggelam ke dasar sejak Rusia memulai kampanye militernya di Ukraina.

Rusia juga telah menuding AS berupaya memperpanjang konflik itu dengan menyuplai bantuan finansial dan militer bagi Ukraina yang pro-Barat.


Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia pada November mendatang, Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu menyatakan bahwa ia tak melihat perlunya bertatap muka secara langsung dengan Presiden AS Joe Biden.

Sebelumnya pada awal bulan ini, Biden menyebut bahwa ia pun tak berniat bertemu dengan Putin. Namun, ia tak mengesampingkan kemungkinan adanya pertemuan itu.


 



Sumber : The Moscow Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x