Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Inilah Sistem Senjata Amerika Serikat yang Akan atau Tidak Akan Diperoleh Ukraina

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 22:40 WIB
inilah-sistem-senjata-amerika-serikat-yang-akan-atau-tidak-akan-diperoleh-ukraina
Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat atau ATACMS dalam latihan militer AS dan Korea Selatan Rabu, 5 Oktober 2022. Ukraina menuntut Amerika Serikat mengirim senjata yang lebih canggih seperti rudal jenis ini yang punya daya jangkau 300km. (Sumber: South Korea Defence Ministry via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Para pemimpin Ukraina mendesak Amerika Serikat dan sekutu Barat untuk memberikan sistem pertahanan udara dan senjata jarak jauh untuk menjaga momentum dalam serangan balik mereka terhadap Rusia dan melawan serangan intensif Moskow.

Seperti laporan Associated Press, Kamis (13/10/2022), Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin hari Rabu sehari sebelumnya mengatakan sekutu berkomitmen untuk mengirim senjata "secepat yang kita bisa secara fisik mendapatkannya di sana."

Austin mengatakan pertemuan para pemimpin pertahanan di Brussels bekerja untuk mengirim beragam sistem ke Ukraina, mulai dari tank dan kendaraan lapis baja hingga pertahanan udara dan artileri.

Tetapi masih ada sejumlah senjata canggih yang diinginkan Ukraina namun Amerika Serikat tidak akan menyediakannya, karena kepekaan politik, teknologi rahasia, atau persediaan yang terbatas.

Inilah sistem senjata yang akan atau tidak akan didapatkan Ukraina:

Baca Juga: Rudal Rusia dan Drone buatan Iran Terus Hujani Ukraina, 40 Kota Termasuk Kiev Dihajar Sejak Senin

Ilustrasi. Unit peluncur roket HIMARS yang kini digunakan Ukraina mendesak pasukan Rusia. (Sumber: Tony Overman/The Olympian via AP)

Sistem Senjata AS yang Akan Didapatkan Ukraina

Dalam pertemuan dengan sekitar 50 pemimpin pertahanan minggu ini, Menhan Lloyd Austin dan Kastaf Gabungan AS Jenderal Mark Milley membahas rencana untuk mengirim lebih banyak senjata pertahanan udara ke Ukraina dan juga meningkatkan pelatihan untuk pasukan Ukraina.

“Kita tahu bahwa Ukraina masih membutuhkan lebih banyak tembakan jarak jauh, dan sistem pertahanan udara dan sistem artileri bersama dengan kemampuan penting lainnya,” kata Austin, Rabu. Dia mengatakan sekutu berbicara tentang sejumlah sistem pertahanan udara.

AS telah menyediakan 20 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi canggih, atau HIMARS, dan telah menjanjikan 18 unit tambahan.

Pentagon mengatakan akan mengirimkan dua sistem rudal permukaan-ke-udara NASAMS canggih pertama ke Ukraina dalam beberapa minggu mendatang, memberi Kiev senjata yang diminta sejak awal tahun ini.

Sistem tersebut akan memberikan Ukraina kemampuan pertahanan jarak menengah hingga jarak jauh terhadap serangan rudal Rusia.

Jerman juga sudah mengirimkan sistem rudal permukaan-ke-udara IRIS-T pertamanya, yang memiliki jangkauan sekitar 40 kilometer, dengan janji total empat unit.

Secara keseluruhan, AS telah mengirim senjata dan bantuan lainnya ke Ukraina senilai US$16,8 miliar sejak perang dimulai pada 24 Februari, atau setara 258,5 triliun rupiah.

Bantuan itu termasuk ratusan kendaraan lapis baja, 142 unit howotzer 155mm dan 880.000 butir amunisinya, ditambah ribuan senjata anti-tank Javelin dan anti-pesawat Stinger dan 60 juta butir peluru.

Baca Juga: Ngeri 'Hujan' Rudal Rusia, Ukraina Buru-buru Desak Sekutu Mereka dan Zelenskyy Sampai Minta Hal Ini

Jerman hari Senin, (10/10/2022) mengatakan segers mengirimkan sistem pertahanan udara Iris-T darat ke udara yang lama dijanjikan kepada Ukraina, (Sumber: Air Force Technology)


Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x