Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Keajaiban Satu-Satunya Balita yang Selamat dalam Pembantaian di Pusat Penitipan Anak Thailand

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 10:45 WIB
kisah-keajaiban-satu-satunya-balita-yang-selamat-dalam-pembantaian-di-pusat-penitipan-anak-thailand
Panomphai Srithong dan putrinya Pavenuch Sukonwong, dipanggil Ammy, yang selamat dengan meringkuk di bawah selimut. (Sumber: Straits Times/ Tan Tam Mei)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

NONG BUA LAMPHU, KOMPAS.TV - Tidur nyenyak di sudut ruangan, Ammy yang berusia tiga tahun lolos dari perhatian seorang pria bersenjata yang menyerbu masuk ke pusat penitipan anak dan menembak serta membacok 24 anak dan dua guru mereka. Saat kejadian itu, 22 balita tewas dengan luka bacok.

Seperti laporan Straits Times, Minggu (9/10/2022), kebiasaan Ammy membungkus dirinya dengan selimut saat tidur mungkin telah menyelamatkan hidupnya, kata ibunya, Panomphat Srithong, 35 tahun, yang pada saat kejadian sedang bekerja di sebuah perusahaan elektronik di Bangkok, 500 km jauhnya ketika serangan itu terjadi Kamis lalu.

"Seseorang memberi tahu saya bahwa semua anak telah meninggal," kata Panomphat, Sabtu (8/10), ketika Ammy, yang mengenakan jimat religius di lehernya, duduk dengan tenang di pelukannya.

"Tapi kemudian saya melihat video yang diambil seseorang tentang Ammy. Sungguh keajaiban dia tidak mati." tutur Panomphat takjub.

Ibu dan anak perempuannya datang ke kuil Wat Si Uthai untuk bergabung dalam upacara pemakaman teman sekelas Ammy.

Ammy, yang bernama asli Pavenuch Sukonwong, sudah satu tahun ikut pusat penitipan anak tersebut, dan satu-satunya anak yang lolos tanpa cedera dalam serangan itu.

Baca Juga: Momen Raja Thailand dan Ratu Ketemu Keluarga Korban Penembakan di Daycare

Alur peristiwa kejadian memilukan pembantaian 22 balita dan guru-guru di tempat penitipan anak di Thailand (Sumber: Straits Times Graphics/Adapted)

Panomphat berhati-hati untuk tidak membangkitkan kenangan buruk di hari naas itu dengan bertanya terlalu banyak kepada putrinya tentang hal itu, tetapi dia mengatakan Ammy memiliki pemahaman tentang apa yang terjadi.

"Dia tahu salah satu sahabatnya telah meninggal," kata Panomphat, yang juga memiliki seorang putra berusia 10 tahun.

Seorang anak lain yang selamat mengalami luka serius dan dalam perawatan intensif.

Menurut BBC, Ammy ditemukan dalam keadaan sadar, meringkuk di samping jasad teman-teman sekelasnya.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x