Kompas TV internasional kompas dunia

Diserang saat Hendak Rapat Bersama Wali Kota, Bos Kartel Narkoba Meksiko Selamat pada Menit Akhir!

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 16:07 WIB
diserang-saat-hendak-rapat-bersama-wali-kota-bos-kartel-narkoba-meksiko-selamat-pada-menit-akhir
Tentara berpatroli di jalanan San Miguel Totolapan usai penembakan massal yang menewaskan seorang wali kota dan 19 orang lain, Kamis (6/10/2022). (Sumber: Eduardo Verdugo/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KOTA MEKSIKO, KOMPAS.TV - Belakangan ini, beredar sebuah video klarifikasi yang diklaim direkam oleh Jose Alfredo Hurtado, pemimpin kartel narkoba Familia Michaocana. Klarifikasi ini terkait serangan yang menewaskan 20 orang, termasuk seorang wali kota di Kota San Miguel Totolapan, Meksiko, Rabu (5/10/2022) lalu.

Per Jumat (7/10), otoritas Meksiko mengaku masih menginvestigasi keautentikan video klarifikasi tersebut.

Dalam video itu, Hurtado mengeklaim serangan oleh geng narkoba Tequileros itu sebenarnya menyasar dia. Namun, ia selamat pada menit-menit menjelang penyerangan.

Jose Alfredo Hurtado, atau dikenal dengan julukan "Si Stroberi"--ungkapan slang di Meksiko untuk menyebut seseorang dengan selera mewah -- muncul dalam video dengan mengenakan kaos Gucci dan jam tangan mahal.

"Serangan itu menyasar saya," kata Hurtado dalam video tersebut sebagaimana dikutip Associated Press.

Baca Juga: Wali Kota di Meksiko Tewas Ditembak Kelompok Kriminal di Balai Kota, 7 Polisi Turut Jadi Korban

Serangan kelompok bersenjata itu terjadi ketika Wali Kota San Miguel Totolapan Conrado Mendoza tengah menggelar rapat dengan pejabat-pejabat lain. 

Hurtado mengaku hendak menghadiri rapat itu bersama mendiang Mendoza dan ayahnya, seorang mantan wali kota. Namun, sebelum ia keluar dari kendaraan, geng Tequileros telah membuka tembakan, memberi Hurtado kesempatan menyelamatkan diri.

Sepengakuan Hurtado, ia pernah bekerja sama dengan mendiang wali kota dalam pertempuran lawan geng Tequileros. "Kami memulai perjuangan ini bersama, sang wali kota dan kami," kata Hurtado.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x