Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Pulangkan Ribuan Warga yang Dimobilisasi karena Tidak Layak Bertempur

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 17:11 WIB
rusia-pulangkan-ribuan-warga-yang-dimobilisasi-karena-tidak-layak-bertempur
Ribuan warga Rusia yang dimobilisasi untuk bertempur di Ukraina dipulangkan karena dianggap tidak memenuhi syarat ikut bertempur (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV - Ribuan warga Rusia yang dimobilisasi untuk dinas militer di Ukraina dipulangkan karena dianggap tidak memenuhi syarat ikut bertempur, dan komisaris militer di wilayah Khabarovsk Rusia dicopot, dalam perkembangan terbaru dari mobilisasi militer 300.000 tentara tempur yang diperintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti dilansir Straits Times, Senin, (3/10/2022).

Di medan perang, Putin mengalami kemunduran yang menyengat pada hari Minggu, dengan pasukan Rusia menarik diri dari kota Lyman yang langsung diambil alih penuh oleh Ukraina. 

Lyman adalah kota pusat logistik timur Rusia, menjadi keuntungan paling signifikan mereka dalam beberapa minggu.

Mobilisasi pertama Rusia sejak Perang Dunia II ini terjadi, setelah pasukannya menderita kekalahan besar di medan perang di Ukraina, dilaporkan media Barat menyebabkan ketidakpuasan yang meluas dan memaksa ribuan orang melarikan diri ke luar negeri.

Mikhail Degtyarev, gubernur wilayah Khabarovsk di Timur Jauh Rusia, mengatakan beberapa ribu pria dilaporkan mendaftar wajib militer dalam 10 hari terakhir namun banyak yang tidak memenuhi syarat.

"Sekitar setengah dari mereka kami kembalikan ke rumah karena mereka tidak memenuhi kriteria seleksi untuk memasuki dinas militer," kata Degtyarev dalam sebuah posting video di aplikasi Telegram.

Dia mengatakan komisaris militer wilayah itu dicopot, tetapi pemecatannya tidak akan mempengaruhi mobilisasi.

Baca Juga: Menhan Inggris Yakin Putin Tak Berani Gunakan Nuklir, Ungkap Sekutu Rusia Malah Bantu Ukraina

Tentara Ukaina di Lyman. Prajurit Ukraina termotivasi dengan keberhasilan sapu bersih pasukan Rusia di Lyman. (Sumber: The Moscow Times)

Mobilisasi itu disebut-sebut sebagai pendaftaran mereka yang memiliki pengalaman militer, tetapi sering kali tampak mengabaikan catatan kesehatan, status pelajar, dan bahkan usia.

Perebutan kembali Lyman oleh pasukan Ukraina adalah kekalahan terbesar Rusia di medan perang sejak serangan balasan kilat Ukraina di wilayah timur laut Kharkiv pada bulan September.

Kontrol atas Lyman dapat menjadi "faktor kunci" dalam membantu Ukraina merebut kembali wilayah yang hilang di wilayah Luhansk, kata gubernur Ukraina, Serhiy Gaidai.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x