Kompas TV internasional kompas dunia

Pengamanan Pemakaman Ratu Elizabeth II Ekstra Ketat, Operasi 'Cincin Baja' Diberlakukan di Inggris

Kompas.tv - 19 September 2022, 16:49 WIB
pengamanan-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-ekstra-ketat-operasi-cincin-baja-diberlakukan-di-inggris
Kepolisian Inggris akan melakukan operasi keamanan terbesar pada Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, Senin (19/9/2022). (Sumber: AP Photo/Markus Schreiber)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Pengamanan selama prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi operasi keamanan terketat yang pernah dilakukan di Inggris.

Hal itu dibuktikan dengan diberlakukannya “Cincin Baja” di sekitar Westminster Abbey selama prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan dilakukan di Westminster Abbey, Senin (19/9/2022) siang waktu setempat.

Kepolisian dilaporkan telah menugaskan sniper di atap, serta ribuan petugas dan anggota angkatan bersenjata di Ibu Kota.

Baca Juga: Mengenang Ratu Elizabeth II, Joe Biden Mengaku Eks Pemimpin Inggris Laiknya Ibunya

Cincin Baja merupakan operasi penjagaan keamanan di sekitar London, yang bertujuan mencegah terorisme.

Acara bersejarah ini diyakini bakal membuat ratusan ribu orang berada di jalan-kalan London.

Oleh sebab itu operasi keamanan yang besar sangat dibutuhkan, termasuk lebih besar dibandingkan Olimpiade London, satu dekade lalu.

Lebih dari 10.000 petugas dan staf akan ditempatkan saat pemakaman dan semua pasukan di Inggris berkontribusi, termasuk dari kepolisian Irlandia Utara.

Ini adalah operasi keamanan yang telah direncanakan selama satu dekade, mengingat pemimpin negara dan kerajaan dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke London.

Wakil Asisten Komisaris Kepolisian Metropolitan London, Stuart Cundy, seperti dikutip Mirror, mengatakan bahwa pasukannya telah siap untuk apa pun.



Sumber : Mirror


BERITA LAINNYA



Close Ads x