Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah PM Liz Truss dan Mantan PM Boris Johnson saat Bertemu Ratu Elizabeth II Dua Hari sebelum Wafat

Kompas.tv - 9 September 2022, 21:32 WIB
kisah-pm-liz-truss-dan-mantan-pm-boris-johnson-saat-bertemu-ratu-elizabeth-ii-dua-hari-sebelum-wafat
Penampilan publik terakhir Ratu Elizabeth II saat menerima pemimpin Partai Konservatif, Liz Truss di Istana Balmoral, Skotlandia, Selasa (6/9/2022). Truss mengatakan pada pertemuan itu, “dia (Ratu Elizabeth) dengan murah hati berbagi dengan saya pengalamannya yang mendalam tentang pemerintahan, bahkan di hari-hari terakhir itu.” (Sumber: Jane Barlow/Pool PA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV — Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dan PM saat ini Liz Truss sempat bertemu Ratu Elizabeth II hari Selasa (6/9/2022). Saat itu, kata Boris Johnson, Ratu berinteraksi sangat baik dalam berbicara saat Boris mengajukan secara resmi pengunduran diri.

Melansir Associated Press, Jumat (9/9/2022), Boris Johnson mengatakan di Dewan Rakyat Inggris bahwa ketika dia bertemu sang ratu pada Selasa untuk menawarkan pengunduran dirinya, “Dia (Ratu) bersinar dan berpengetahuan, serta terpesona oleh politik seperti yang pernah saya ingat, dan bijaksana dalam nasihatnya seperti siapa pun yang saya kenal, jika tidak lebih bijaksana.”

Perdana Menteri Liz Truss mengatakan, meninggalnya Ratu Elizabeth II menyebabkan "curahan kesedihan yang mendalam" di Inggris dan di seluruh dunia.

Perdana menteri Liz Truss secara resmi diangkat oleh Ratu pada Selasa, hanya dua hari sebelum meninggal dunia.

Truss mengatakan, pada pertemuan itu, “dia (Ratu Elizabeth) dengan murah hati berbagi dengan saya pengalamannya yang mendalam tentang pemerintahan, bahkan di hari-hari terakhir itu.”

Truss berbicara pada awal sesi khusus Parlemen memberikan penghormatan kepada ratu.

Baca Juga: Jokowi Berduka atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II: Seorang Ratu yang Dikagumi dan Dicintai!

Perdana Menteri Liz Truss, Kamis (8/9/2022), saat Inggris langsung mengeluarkan pernyataan resmi menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II dan hadirnya raja Inggris yang baru, Raja Charles III. (Sumber: Bloomberg)

Truss menyebut Ratu Elizabeth II sebagai "diplomat terbesar bangsa" dan menyebut, pengabdiannya pada tugas adalah contoh bagi semua orang.

Kegiatan di Parlemen ditangguhkan dan anggota parlemen akan menghabiskan dua hari berkabung atas kepergian ratu yang meninggal pada Kamis (8/9/2022) setelah tujuh dekade bertakhta atas kerajaan Inggris.

PM Inggris yang menjabat pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth II berbagi penghormatan pribadi kepada mendiang ratu.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x