Kompas TV internasional kompas dunia

Mengenang Pangeran Philip, Dampingi Ratu Elizabeth II Selama 7 Dekade

Kompas.tv - 9 September 2022, 08:59 WIB
mengenang-pangeran-philip-dampingi-ratu-elizabeth-ii-selama-7-dekade
Ratu Inggris Elizabeth II membagikan salah satu foto kenangan favoritnya bersama almarhum suaminya, Pangeran Philips. Pasangan kerajaan ini digambarkan sedang bersantai di atas rumput di tempat foto yang indah di Aberdeenshire dalam foto yang diambil oleh Countess of Wessex pada tahun 2003 (Sumber: BBC/Countess of Wessex via Press Association)
Penulis : Dian Septina | Editor : Redaksi Kompas TV

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meninggalnya Ratu Elizabeth, pada Jumat dini hari (9/9/2022) waktu Indonesia, berselang satu tahun dari sang suami, Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh.

Suami dari Ratu Elizabeth II itu menghembuskan napas terakhir di Kastil Windsor, Jumat 9 April 2021 silam waktu setempat.

Berikut merupakan biografi singkat pangeran yang masih berasal dari keturunan Kerajaan Yunani itu, dilansir Kompas.com.

1. Lahir

Pangeran Philip lahir di Corfu, Yunani pada 10 Juni 1921 dari pasangan Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg, membuatnya menyandang gelar ‘Pangeran Yunani dan Denmark’.

Philip muda dan keluarganya harus meninggalkan Yunani karena situasi Yunani yang tidak stabil. Raja George V selaku paman Philip, memerintahkan kapal Angkatan Laut Kerajaan untuk membawa keluarga itu meninggalkan Yunani.

Baca Juga: Mengapa Pangeran Philip Tidak Bergelar Raja Inggris?

2. Gelar Pangeran Philip

Kakek Pangeran Philip, Pangeran Louis dari Battenberg, mengubah nama keluarga menjadi Mountbatten selama Perang Dunia Pertama.

Pangeran Philip mengadopsi nama kakeknya ketika dia dinaturalisasi dan melepaskan gelar kerajaannya untuk menikahi Putri Elizabeth. Setelah menikah, Pangeran Philip dianugerahi gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron.

3. Pernikahan dengan Putri Elizabeth

Pangeran Philip bertunangan dengan Putri Elizabeth pada Juli 1947, dan menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey.

Pangeran Philip dan Putri Elizabeth II yang merupakan Ratu Kerajaan Inggris memiliki empat orang anak. Mereka adalah Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Pemimpin Dunia Sampaikan Ungkapan Dukacita

Pangeran Charles, Pangeran Wales lahir pada tahun 1948 dan Putri Anne, Putri Kerajaan, lahir dua tahun setelahnya.

Setelah naik takhta, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth memiliki dua anak lagi, mereka adalah Pangeran Andrew, Duke of York, lahir pada tahun 1960, dan Pangeran Edward, Earl of Wessex, lahir pada tahun 1964.

4. Pendamping ratu

Pada 18 April 2009, dia menjadi pendamping penguasa monarki terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris. Dia mengalahkan rekor yang dipegang Ratu Charlotte, istri dari Raja George III.

Pada 4 Mei 2017, Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Philip mundur dari tugas kerajaan pada akhir tahun tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x