Kompas TV internasional kompas dunia

Ratu Elizabeth II Dilaporkan dalam Pengawasan Medis, PM Liz Truss Sebut Rakyat Inggris Prihatin

Kompas.tv - 8 September 2022, 20:32 WIB
ratu-elizabeth-ii-dilaporkan-dalam-pengawasan-medis-pm-liz-truss-sebut-rakyat-inggris-prihatin
Ratu Elizabeth II saat meresmikan sebuah gedung baru di Rumah Sakit Thames, Maidenhead, Inggris (15/7/2022). Pada Kamis (8/9/2022), Istana Buckingham mengumumkan bahwa sang ratu berada dalam pengawasan medis dan para dokternya prihatin atas kondisi kesehatannya.. (Sumber: Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV – Istana Buckingham menyatakan Ratu Elizabeth II tengah berada dalam pengawasan medis, Kamis (8/9/2022). Para dokternya disebut ‘prihatin dengan kesehatan Yang Mulia’.

Melansir Associated Press, pernyataan itu diumumkan sehari setelah monarki berusia 96 tahun itu membatalkan pertemuan dengan Dewan Penasihatnya dan diminta untuk beristirahat. Pada Selasa (6/9), Ratu Elizabeth II memimpin upacara penyerahan kekuasaan kepada Perdana Menteri Inggris baru Liz Truss di kediaman musim panasnya di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Baca Juga: Sangat Meriah, Rakyat Inggris Memulai Pesta Perayaan 70 Tahun Ratu Elizabeth II Bertahta

Istana Buckingham menyebut sang ratu berada dalam kondisi ‘nyaman’ dan tetap berada di Kastil Balmoral tempat dia menghabiskan musim panas.

“Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu prihatin dengan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia tetap berada dalam pengawasan medis. Ratu tetap berada dalam kondisi ‘nyaman’ dan berada di Balmoral,” demikian bunyi pernyataan Istana Buckingham.

Baca Juga: Liz Truss Resmi Jadi Perdana Menteri ke-56 Inggris Raya, Dilantik Ratu Elizabeth II di Skotlandia

Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss menyatakan seluruh Inggris ‘sangat prihatin’ dengan kabar tentang kesehatan Ratu Elizabeth II. 

Truss, yang diberi kabar saat ia tengah menyampaikan pernyataan di DPR Inggris, menyatakan, “Seluruh negeri akan sangat prihatin atas kabar dari Istana Buckingham saat jam makan siang hari ini.”

“Pikiran saya, dan pikiran seluruh rakyat di seantero Inggris Raya, bersama Yang Mulia Ratu dan keluarganya saat ini,” ujarnya di Twitter.


 

Tahun ini, Ratu Elizabeth II telah bertahta selama tujuh dekade. Beberapa bulan belakangan, ia mulai mengalihkan kewajiban dan tugas-tugasnya kepada pewarisnya, Pangeran Charles, dan anggota keluarga kerajaan lainnya.
 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x