Kompas TV internasional kompas dunia

Sangat Meriah, Rakyat Inggris Memulai Pesta Perayaan 70 Tahun Ratu Elizabeth II Bertahta

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 19:07 WIB
sangat-meriah-rakyat-inggris-memulai-pesta-perayaan-70-tahun-ratu-elizabeth-ii-bertahta
Ratu Inggris Elizabeth II. Kerajaan Inggris memulai pesta empat hari Platinum Jubilee untuk merayakan 70 tahun Ratu Inggris Elizabeth II bertahta atas kerajaan Inggris Raya. (Sumber: Dominic Lipinski/Pool Photo via AP, file)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS. TV — Kerajaan Inggris memulai pesta empat hari Platinum Jubilee untuk merayakan 70 tahun Ratu Elizabeth II bertahta atas Kerajaan Inggris Raya. Pesta digelar dengan menampilkan parade militer tradisi Inggris yang membentang sejak jaman kuda dan pedang serta meriam hingga zaman jet tempur, peluru kendali, dan pesawat tanpa awak.

Seperti laporan Associated Press, Kamis (2/6/2022), pesta perayaan formal untuk Platinum Jubilee ini dimulai dengan Trooping the Color, atau tinjauan militer tahunan yang menandai ulang tahun resmi penguasa sejak 1760.

Ratu Elizabeth II diperkirakan akan bergabung dengan anggota keluarganya dengan pemunculan di balkon Istana Buckingham pada akhir acara, diiringi 70 pesawat tempur akan menderu di atas kepala.

Jubilee atau ulang tahun, yang bahasa Indonesianya adalah Yobel, akan dirayakan di seluruh Inggris dengan liburan empat hari hingga hari Minggu.

Perayaan pemerintahan Elizabeth termasuk kebaktian syukur Jumat di Katedral St Paul di London, konser di Istana Buckingham hari Sabtu, serta kontes yang dipentaskan oleh ribuan penampil yang diambil dari sekolah dan kelompok masyarakat di seluruh negeri pada Minggu sore.

Sepanjang akhir pekan, organisasi lingkungan dan individu diharapkan mengadakan ribuan pesta jalanan di seluruh negeri, mengulangi tradisi yang dimulai dengan penobatan ratu tahun 1953.

Ratu Elizabeth II kini berusia 96 tahun, adalah tahta terlama yang memerintah Inggris dan yang pertama mencapai tonggak sejarah tujuh dekade bertakhta.

Baca Juga: Berulang Tahun yang ke-96, Bagaimana Kabar dan Kesehatan Ratu Elizabeth II?

Kerajaan Inggris memulai pesta empat hari Platinum Jubilee untuk merayakan 70 tahun Ratu Inggris Elizabeth II bertahta atas kerajaan Inggris Raya. (Sumber: Vanity Fair)

Yobel atau ulang tahun memberi banyak orang kesempatan untuk merenungkan keadaan bangsa dan perubahan besar yang telah terjadi selama masa pemerintahannya, bahkan bagi mereka yang sering acuh tak acuh terhadap monarki.

Mantan Perdana Menteri John Major, salah satu dari 14 perdana menteri pemerintahan Ratu Elizabeth II, mengatakan kehadiran Ratu yang kuat dan tegar membantu mengarahkan kerajaan selama beberapa dekade. "Ratu mewakili diri kita yang lebih baik selama lebih dari 70 tahun," katanya kepada BBC.

Dalam pesan Yobel tertulis, Ratu Elizabeth berterima kasih kepada rakyat Inggris dan di seluruh Persemakmuran Inggris yang terlibat dalam mengatur perayaan.

Bagi banyak orang, kesempatan itu adalah kesempatan pertama untuk pesta besar sejak dimulainya pandemi virus corona lebih dari dua tahun lalu.

“Saya tahu bahwa banyak kenangan indah akan tercipta pada acara-acara perayaan ini,” kata Ratu Elizabeth.

“Saya sungguh terinspirasi oleh niat baik yang ditunjukkan kepada saya, dan berharap hari-hari mendatang akan memberikan kesempatan untuk merenungkan semua yang telah dicapai selama 70 tahun terakhir, karena kita menatap masa depan dengan percaya diri dan antusias,” kata Ratu Elizabeth II.

Ucapan selamat berdatangan dari para pemimpin dunia. Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut Ratu Elizabeth II "benang emas yang mengikat kedua negara kita" dan salah satu dari "sangat sedikit konstanta" di panggung internasional.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.