Kompas TV internasional kompas dunia

PBB: Perlukan Setidaknya US$1 miliar untuk Cegah Kelaparan di Somalia

Kompas.tv - 7 September 2022, 14:53 WIB
pbb-perlukan-setidaknya-us-1-miliar-untuk-cegah-kelaparan-di-somalia
Maryan Madey, yang melarikan diri dari wilayah Shabelle Bawah yang dilanda kekeringan, menggendong putrinya yang kekurangan gizi Deka Ali, 1, di sebuah kamp untuk para pengungsi di pinggiran Mogadishu, Somalia Sabtu, 3 September 2022. Jutaan orang di Tanduk Afrika akan kelaparan karena kekeringan, dan ribuan orang telah meninggal, dengan Somalia yang sangat terpukul. (Sumber: AP Photo/Farah Abdi Warsameh)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

NEW YORK, KOMPAS.TV — Kepala  Badan Kemanusiaan PBB Martin Griffiths hari Selasa (6/9/2022) memperkirakan butuh setidaknya $1 miliar dollar AS untuk mencegah kelaparan di Somalia dalam beberapa bulan mendatang dan awal tahun depan, ketika dua musim kemarau lagi diperkirakan akan menambah kekeringan bersejarah yang telah melanda negara-negara di wilayah Tanduk Afrika.

Martin Griffiths dalam sebuah video briefing dari ibu kota Somalia, Mogadishu, merujuk pada sebuah laporan baru dari panel ahli independen yang mengatakan akan ada kelaparan di Somalia antara Oktober dan Desember "jika kita tidak berhasil mencegahnya dan menghindarinya seperti yang telah terjadi tahun 2016 dan 2017.”

Wakil sekretaris jenderal untuk urusan kemanusiaan itu mengatakan kepada koresponden PBB bahwa lebih dari $ 1 miliar dana baru diperlukan di samping dana PBB sekitar $ 1,4 miliar dollar AS.

Seruan itu telah "didanai dengan sangat baik," katanya, berkat Badan Pembangunan Internasional AS USAI, yang mengumumkan sumbangan bantuan kemanusiaan dan pembangunan senilai $476 juta pada bulan Juli.

Jaringan Sistem Peringatan Dini Kelaparan, yang dibuat oleh USAID, mengatakan dalam sebuah laporan Senin bahwa kelaparan diproyeksikan akan muncul akhir tahun ini di tiga wilayah sekitar Teluk tenggara Somalia, termasuk Baidoa, tanpa bantuan kemanusiaan yang mendesak.

Hingga 7,1 juta orang di seluruh Somalia membutuhkan bantuan mendesak untuk mengobati dan mencegah kekurangan gizi akut dan mengurangi jumlah kematian terkait kelaparan yang sedang berlangsung, menurut analisis baru-baru ini oleh Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu atau IPC, yang digunakan oleh jaringan untuk menggambarkan tingkat keparahannya. dari kerawanan pangan.

Baca Juga: Afrika Terancam Kelaparan, PBB Sebut AS Beli Biji-bijian Ukraina untuk Bantuan Pangan

Wasekjen PBB urusan kemanusiaan Martin Griffiths. Griffiths mengatakan dalam sebuah video briefing dari ibu kota Somalia, Mogadishu, bahwa sebuah laporan baru dari panel ahli independen mengatakan akan ada kelaparan di Somalia antara Oktober dan Desember jika kita tidak berhasil mencegahnya dan menghindarinya seperti yang telah terjadi tahun 2016 dan 2017. (Sumber: AP Photo/Farah Abdi Warsameh)

Wilayah Tanduk Afrika mengalami empat musim hujan yang gagal berturut-turut untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad, membahayakan sekitar 20 juta orang di salah satu wilayah paling miskin dan bergejolak di dunia.

Griffiths mengatakan ahli meteorologi memperkirakan kemungkinan gagalnya musim hujan turun untuk kelima kalinya dari Oktober hingga Desember, dan musim hujan keenam yang gagal dari Januari hingga Maret tahun depan juga mungkin terjadi.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya di Somalia," katanya. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya." ulangnya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x