Kompas TV internasional kompas dunia

PM Jepang Positif Covid-19, Rencana Perjalanan Dibatalkan

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 10:13 WIB
pm-jepang-positif-covid-19-rencana-perjalanan-dibatalkan
PM Jepang Fumio Kishida dinyatakan positif COVID-19, Minggu (21/8/2022). Sejumlah perjalanan yang sudah dijadwalkan sebelumnya terpaksa dibatalkan. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

TOKYO, KOMPAS.TV — Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida terkonfirmasi positif COVID-19, Minggu (21/8/2022). Ia pun membatalkan rencana perjalanan karena harus mengisolasi diri dan memulihkan kondisi kesehatannya.

Kishida mengalami demam ringan dan batuk pada Sabtu malam dan melakukan tes PCR. Hasil tes pun menunjukkan dia positif virus corona. Hal ini dikonfirmasi oleh Noriyuki Shikata, Sekretaris Kabinet Untuk Urusan Publik.

"Perdana Menteri Kishida diisolasi di dalam kediamannya," katanya seperti dikutip dari The Associated Press pada hari Minggu.

Baca Juga: Jepang Pertimbangkan Timbun 1.000 Peluru Kendali Jarak Jauh, Antisipasi China dan Korea Utara

Perdana menteri berusia 65 tahun itu sedang berlibur musim panas pekan lalu dan dijadwalkan kembali bekerja Senin. Tidak diketahui darimana atau bagaimana dia terinfeksi.

Kishida tidak akan menghadiri konferensi tentang pembangunan Afrika yang dijadwalkan akan diselenggarakan akhir bulan ini di Tunisia, namun dia akan berpartisipasi secara online. Dia juga menunda perjalanannya ke Timur Tengah.

Baca Juga: Kapal Tanker Jepang Tabrak Kapal Kargo China, Oli Bocor hingga Nyaris Tenggelam

Kasus infeksi virus corona baru-baru ini melonjak di Jepang, meskipun kebanyakan orang – termasuk Kishida – telah divaksinasi. Para pemimpin dunia lainnya termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebelumnya juga terkonfirmasi COVID-19 dan kini telah pulih.



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x