Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Tanker Jepang Tabrak Kapal Kargo China, Oli Bocor hingga Nyaris Tenggelam

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 16:46 WIB
kapal-tanker-jepang-tabrak-kapal-kargo-china-oli-bocor-hingga-nyaris-tenggelam
Sebuah kapal tanker kimia Jepang menabrak kapal kargo berawak China di lepas pantai barat daya Jepang pada Sabtu (20/8/2022). (Sumber: AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

TOKYO, KOMPAS.TV - Terjadi tabrakan antara kapal tanker pengangkut bahan kimia dengan kapal kargo pengangkut baja, di lepas pantai barat daya Jepang, Sabtu (20/8/2022) dini hari waktu setempat.

Menurut Stasiun Penjaga Pantai Kushimoto, haluan kapal tanker menabrak bagian kanan kapal kargo.

Tak ada korban jiwa maupun luka-luka di antara enam kru Jepang yang berada di kapal tanker Ryoshinmaru. Sementara 14 awak China selaku operator kapal kargo juga selamat.

Seperti diwartakan Associated Press, kecelakaan terjadi pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Masing-masing bertabrakan di sekitar 3,5 kilometer (2,2 mil) lepas pantai Prefektur Wakayama, berdasar penuturan seorang pejabat Penjaga Pantai Kushimoto.

Kapal kargo yang awalnya mulai tenggelam, langsung bisa dikendalikan. Namun, kapal berawak China tak bisa menghindari kebocoran oli.

Jejak rute kedua kapal sebelum bertabrakan, berdasar pantauan radar di Fleetmon. (Sumber: Fleetmon)

Baca Juga: Bocah di AS Meninggal Akibat Infeksi Amuba Pemakan Otak usai Berenang di Sungai

Kapal tanker Ryoshinmaru, berbobot 595 ton, telah meninggalkan pelabuhan Kobe untuk mengambil bahan kimia di pelabuhan Kashima. Untungnya, kapal tidak sedang mengangkut bahan kimia apa pun ketika tabrakan terjadi.

Sementara kapal kargo yang terdaftar di Belize dengan nama Xin Hai 99, seberat 2.972 ton, mengangkut material baja dari Pelabuhan Kawasaki menuju Pelabuhan Wakamatsu, menurut laporan Tokyo NP.

Penjaga pantai menyebut kini penyelidikan sedang berlangsung. Pengakuan awak kapal asal China menyebut, kapal tanker tiba-tiba berbelok ke arah mereka.

Baca Juga: Saat Tentara Rusia Pilih Tembak Kaki Sendiri demi Hindari Perang dan Dapat Uang Kompensasi


 



Sumber : Kompas TV/AP/Tokyo NP

BERITA LAINNYA



Close Ads x