Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Lagi, Gelaran Rudal Hipersonik Zircon dan Operasional di Angkatan Laut Rusia Diumumkan Putin

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 17:25 WIB
lagi-gelaran-rudal-hipersonik-zircon-dan-operasional-di-angkatan-laut-rusia-diumumkan-putin
Fregat Admiral Gorshkov bernomor lambung 454 menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon atan Zirkon 1.000 km dari Laut Barents ke sasaran laut di Laut Putih.Vladimir Putin hari Minggu (31/7/2022) mengatakan angkatan laut Rusia segera menerima rudal jelajah hipersonik Zirkon dalam beberapa bulan ke depan. (Sumber: Tass)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

ST PETERSBURG, KOMPAS.TV - Presiden Vladimir Putin hari Minggu (31/7/2022) mengatakan angkatan laut Rusia segera menerima rudal jelajah hipersonik Zircon dalam beberapa bulan ke depan dan area penempatan mereka akan tergantung pada kepentingan Rusia.

Berbicara pada Hari Angkatan Laut Rusia di bekas ibukota kekaisaran St Petersburg, Putin memuji Tsar Peter the Great karena menjadikan Rusia kekuatan laut yang hebat. Putin tidak menyebut Ukraina secara langsung.

Tetapi Putin mengatakan dia telah menandatangani doktrin baru angkatan laut, yang rinciannya tidak dipublikasikan, dan menyebut rudal jelajah hipersonik Zirkon sebagai yang unik di dunia.

"Pengiriman (rudal) ini ke angkatan bersenjata Rusia akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang," kata Putin. "Fregat Laksamana Gorshkov akan menjadi yang pertama bertugas tempur dengan membawa senjata-senjata tangguh ini."

"Kuncinya di sini adalah kemampuan angkatan laut Rusia ... Ia mampu merespons dengan kecepatan kilat kepada semua orang yang memutuskan untuk melanggar kedaulatan dan kebebasan kita."

Senjata hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara, dan Rusia telah melakukan uji peluncuran Zircon sebelumnya dari kapal perang dan kapal selam selama setahun terakhir.

Baca Juga: Rusia Uji Coba Rudal Hipersonik Tsirkon, Senjata Baru Berkecepatan Suara Berdaya Jelajah 1.000 Km

Rusia mulai memproduksi massal rudal hipersonik Zirkon yang disebutnya tak terkalahkan.Vladimir Putin hari Minggu (31/7/2022) mengatakan angkatan laut Rusia segera menerima rudal jelajah hipersonik Zirkon dalam beberapa bulan ke depan. (Sumber: East2West Via The Sun)

Rusia akhir Mei lalu melakukan uji coba peluru kendali hipersonik Zircon atau Tsirkon. 

Kantor berita Rusia TASS hari Sabtu (28/5/2022) melaporkan, Fregat "Admiral Gorshkov" bernomor lambung 454 menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon atan Zirkon dari Laut Barents ke sasaran laut di Laut Putih seperti diumumkan Kementerian Pertahanan Rusia hari Sabtu.

"Fregat utama Proyek 22350 Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon ke posisi target laut di Laut Putih dari Laut Barents," kata kementerian pertahanan Rusia akhir Mei lalu.

Penembakan rudal Zircon itu adalah bagian dari uji coba senjata jenis baru. 

“Menurut data kontrol objektif, rudal jelajah hipersonik Tsirkon berhasil mencapai target laut yang terletak pada jarak sekitar 1.000 km,” tambah mereka, sambil mencatat peluncuran kali ini memenuhi parameter yang ditentukan.

Saat ini, uji status rudal Tsirkon versi kapal permukaan kini selesai dan akan operasional di jajajaran AL Rusia. 

Pengembang dan pembuat rudal tersebut adalah Reutov NPO Mashinostroeniya (bagian dari Tactical Missiles Corporation).

Pada akhir Desember 2021 silam, kantor berita Interfax dan Reuters melaporkan peluncuran 10 rudal dari kapal fregat dan dua lainnya diterbangkan dari kapal selam. Uji coba peluncuran Zicron kala itu disebut-sebut berhasil oleh Putin.
 



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x