Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran di Dekat Taman Nasional Yosemite, Ribuan Penduduk Mengungsi

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 06:39 WIB
kebakaran-di-dekat-taman-nasional-yosemite-ribuan-penduduk-mengungsi
Sebuah kapal tanker terbang di atas api yang menyala di Mariposa County, California, pada Jumat, 22 Juli 2022. (Sumber: AP Photo/Noah Berger)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

JERSEYDALE, KOMPAS.TV — Kebakaran hutan yang terjadi di dekat Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat (AS) membakar hutan yang kering Minggu (24/7/2022). Salah satu kebakaran terbesar di California tahun ini telah memaksa ribuan penduduk mengungsi. 

Sekitar 2.000 petugas pemadam kebakaran bersama dengan pesawat dan buldoser, menghadapi kondisi sulit untuk memadamkan api, seperti medan curam, suhu terik dan kelembaban rendah.

"Di luar sana cuaca kembali panas hari ini," kata juru bicara Cal Fire, Natasha Fouts, Minggu. "Dan tingkat kelembapannya sangat rendah," tambahnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Kebakaran Hutan, Presiden Perancis Apresiasi Kerja Petugas Pemadam Kebakaran!

“Angin di musim panas meniupkan bara api ke cabang-cabang pohon, dan karena udara yang sangat kering, mudah terjadi kebakaran dan itulah yang memicu api,” kata Fouts.

Kebakaran terjadi di taman dekat kota Midpines di Mariposa County. Para pejabat menggambarkan terjadi aktivitas yang memantik api pada hari Sabtu. Kemudia nyala api menjalar melalui vegetasi kering yang disebabkan oleh kekeringan terburuk dalam beberapa dekade.

Pada hari Minggu kobaran api telah menghabiskan lebih dari 56 km persegi. Evakuasi dilakukan untuk lebih dari 6.000 orang yang tinggal di beberapa kilometer dari daerah yang terbakar. Meskipun demikian, beberapa berpenduduk menentang perintah untuk mengungsi dan tetap tinggal di rumah mereka. 

"Kami mendesak warga untuk segera mengungsi, karena api ini bergerak sangat cepat," ujar Fouts.
Lynda Reynolds-Brown dan suaminya Aubrey menunggu kabar tentang nasib rumah mereka dari pusat evakuasi di sebuah sekolah dasar. Mereka melarikan diri saat hujan abu turun dan api turun dari bukit menuju properti mereka.

"Sepertinya api berada di atas rumah kami dan datang dengan sangat cepat," kata Reynolds-Brown kepada KCRA-TV. Gubernur Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk Kabupaten Mariposa karena efek kebakaran.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Ludeskan 5 Rumah di Texas

“Api menghancurkan setidaknya 10 perumahan dan bangunan komersial,” kata Cal Fire. Tim penilai hingga kini masih bergerak melalui kota-kota pegunungan untuk memeriksa kerusakan lainnya. 

Banyak jalan ditutup, termasuk bentangan State Route 140 yang merupakan salah satu rute utama menuju Yosemite.


California telah mengalami kebakaran hutan yang semakin besar dan mematikan dalam beberapa tahun terakhir, karena perubahan iklim telah membuat cuaca jauh lebih hangat dan lebih kering selama 30 tahun terakhir. Para ilmuwan mengatakan cuaca akan terus menjadi lebih ekstrim dan kebakaran hutan akan lebih sering terjadi, lebih merusak dan lebih tak terduga.



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x